Anak

Kenali Penyebab Buah Hati Suka Pilih Makanan

Rasanya sedih ya Bun, saat sudah masak ternyata Buah Hati tidak mau makan masakan Bunda. Jika sedang mengalami masa-masa seperti ini, rasanya bikin jadi stress ya, apalagi di masa tumbuh kembang seperti sekarang ini. Selain takut asupan nutrisinya tidak tercukupi, menangani si Kecil yang suka pilih-pilih makanan juga bukan hal yang mudah, namun sebagai orang tua Bunda harus mencari penyebab dan segera mengatasinya. Sebelum mengatasinya, coba cari tahu dahulu apa sih penyebab Buah Hati suka pilih makanan? Simak informasinya dibawah ini:

Pola Makan Tidak Teratur

Buah Hati yang suka pilih-pilih makanan biasanya akan menutup mulut atau memberontak saat Bunda ingin memberinya makan. Salah satu penyebab dari kebiasaan ini adalah adanya pola makan yang tidak teratur. Sebagai orang tua, Bunda harus mengenali terlebih dahulu kapan si Kecil mulai merasa lapar. Pastikan untuk tidak memaksakan saat ia merasa tidak lapar, hal ini akan membuat kegiatan makan menjadi tidak menyenangkan dan berakhir dengan si Kecil tidak mau makan.

Cita Rasa Makanan

Buah Hati nyatanya lebih sensitif terhadap rasa makanan. Si Kecil yang pemilih terhadap makanan bisa jadi karena ia trauma atau tidak nyaman dengan rasa makanan yang pernah ia coba. Saat Bunda memperkenalkan berbagai menu makanan, perhatikanlah kesan pertama saat makanan mulai sampai ke lidahnya. Untuk menyiasati hal ini, Bunda bisa membuat tampilan menu makanan yang berbeda dan menarik setiap harinya untuk memancing minatnya untuk makan.

Berkembangnya Selera Makan

Sama halnya seperti orang dewasa, Buah Hati yang suka memilih makanan bisa terjadi karena kebiasaan. Kebiasaan orang tua makan nyatanya sangat berpengaruh, karena itu tidak ada salahnya mengevaluasi apa saja sih yang Bunda dan Ayah makan dekat si Kecil. Perlu Bunda ketahui juga, selera makan Buah Hati berkembang setiap harinya, bisa saja ia sedang mengembangkan dirinya terhadap selera, cita rasa dan pendapat sendiri tentang jenis makanan tertentu.

Camilan Sebelum Makan

Bunda suka memberi Buah Hati camilan sebelum ia makan? Bisa jadi salah satu alasan si Kecil pilih-pilih makanan adalah karena ia sudah tidak merasa lapar. Jangan sampai si Kecil tidak makan karena Bunda memberikan kue sebelum ia makan. Cobalah untuk tidak memberikannya makanan atau camilan apapun sebelum jam makanannya, Buah Hati yang merasa lapar pasti akan memakan semua makanan yang disajikan tanpa memilih dulu.

Nah, itulah beberapa penyebab Buah Hati suka pilih makanan. Jangan langsung panik atau marah saat anak menolak makan tertentu, biarkan anak mengenali makanannya dan buat suasananya jadi menyenangkan. Jika si Kecil tetap tidak nafsu makan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.  Oleskan juga Konicare Minyak Telon Plus ke tubuhnya untuk menjaga dan melindunginya dari masuk angin dan perut kembung. Semoga informasinya bermanfaat ya :)
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved