Anak

Ajarkan Anak Mencuci Tangan Agar Daya Tahan Tubuhnya Terjaga

Era new normal sepertinya akan terus berlanjut. Ini berarti kebiasaan mencuci tangan masih jadi rutinitas wajib dalam aktivitas sehari-hari. Mencuci tangan bukan hal yang sulit bagi orang dewasa untuk menerapkan kebiasaan ini setiap hari, namun bagi anak-anak mungkin terasa melelahkan dan membosankan karena dilakukan terus-menerus.

Untuk itu, Bunda harus ambil peran dalam mengajarkan anak mencuci tangan. Bunda dapat melakukannya dengan menerapkan beberapa tahapan di bawah ini, mulai dari memberitahu si kecil tentang manfaat mencuci tangan itu sendiri sampai bagaimana menunjukkan cara mencuci tangan yang tepat.

Jelaskan manfaat cuci tangan

Bunda bisa mulai dengan menjelaskan manfaat dari anak mencuci tangan, salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh si kecil sendiri agar si kecil tidak mudah sakit. Kalau tidak mudah sakit, si kecil juga jadi lebih bebas melakukan aktivitasnya sehari-hari. Termasuk belajar dan bermain tanpa harus terganggu karena tubuh yang lemah atau kesakitan.

Beritahu si kecil kalau dengan mencuci tangan, ia bisa membersihkan bakteri jahat serta virus yang bersarang di sana. Terutama setelah memegang mainan, menyentuh barang kotor, atau sehabis buang air di toilet. Kebiasaan anak mencuci tangan juga jadi bagian dari rutinitas menjaga kebersihan dan penting untuk dilakukan setiap hari.

Jadilah contoh nyata

Ingat, anak-anak melakukan banyak hal karena melihat dan meniru kedua orang tua di rumah. Jika ingin mengajarkan anak mencuci tangan, Bunda juga bisa memanfaatkan fakta ini. Caranya, Bunda cukup menjadi contoh figur yang menerapkan rutinitas mencuci tangan dengan rutin sehari-harinya di rumah.

Dari sini, si kecil akan memahami bahwa mencuci tangan itu memang begitu penting. Ajak juga anak mencuci tangan bersama-sama dengan Anda jika memungkinkan. Perlahan namun pasti, kebiasaan baik ini akan terus-menerus menjadi bagian keseharian si kecil. Bukan tidak mungkin kalau si kecil nantinya mulai mencuci tangan tanpa harus disuruh-suruh lagi.

Ajak anak mencuci tangan sambil menyanyi

Buat rutinitas anak mencuci tangan terasa seperti aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Karena saat anak-anak merasa senang melakukan aktivitas tertentu, ini akan jadi langkah awal yang mudah untuk membuat si kecil menjadikan mencuci tangan sebagai kebiasaan sehari-hari.

Bunda bisa melakukan ini sambil menunjukkan anak cara mencuci tangan yang baik dan benar. Gunakan juga lagu-lagu anak-anak yang pendek dan bisa dinyanyikan selama paling tidak 20 detik, yakni sesuai anjuran waktu ideal untuk membersihkan tangan.

Tunjukkan pada si kecil cara mencuci tangan dan jemari-jemarinya. Lalu, ambil sabun dengan banyak yang tepat untuk sang anak. Mulai menggosokkan tangan, sela-sela jari, ujung jari, telapak dan punggung tangan, hingga pangkal tangan. Setelah sudah menggosokkan tangan dengan sabun cukup lama, bilas tangan dengan air mengalir sampai bersih. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan kemudian.

Siapkan selalu tempat cuci tangan

Bila menginginkan anak mencuci tangan setiap hari secara rutin, Bunda juga perlu memperhatikan tempat cuci tangan di rumah. Pastikan tempat cuci tangan di rumah sudah ramah anak. Dengan kata lain, tempat cuci tangan di rumah mudah digunakan oleh si kecil.

Bunda perlu memastikan kalau si kecil bisa mengakses sendiri tempat cuci tangan tersebut. Jika tinggi badannya belum sampai, bisa siapkan bangku kayu atau sejenisnya yang tidak mudah bergeser sebagai tumpuannya saat mencuci tangan. Siapkan juga tempat sabun yang mudah diakses dan tidak gampang tumpah.

Untuk sabun pembersih tangan, Bunda bisa memilih sabun khusus yang memang dibuat untuk membunuh kuman-kuman dengan kandungan yang alami pula. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan pembersih tangan yang juga praktis untuk digunakan, seperti Konicare Gel Pembersih Tangan yang mengandung bahan antiseptik yang efektif membasmi kuman.

Produk pembersih tangan ini sangat praktis digunakan untuk membersihkan tangan si kecil dari kuman dan debu. Ditambah dengan ekstrak alpukat, tangan si kecil juga tetap terjaga kelembabannya, jadi tetap halus dan lembut. Bunda bisa menyiapkan ini juga untuk di rumah atau dibawa saat pergi ke luar rumah!

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

MomyhAmy

Terima kasih konicare untuk share info bermanfaat nya

thalia

betul

srisuyani01

thanks

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved