Anak

Kenali 5 Ciri-ciri Imunitas Menurun

Bunda, apakah si kecil mudah lelah atau sering pilek? Jangan diabaikan, itulah tanda-tanda imunitas menurun! Saat imunitas menurun, tubuh juga jadi mudah terserang penyakit. Kalau sudah mudah terserang penyakit seperti ini, tentunya akan menyulitkan juga untuk beraktivitas sehari-hari.

Produktivitas jadi berkurang, tubuh juga terasa tidak enak. Selain itu, si kecil jelas akan lebih rewel saat waktu makan dan istirahat karena kondisi tubuh yang tidak nyaman. Maka dari itu, Bunda perlu mengenali ciri-ciri imunitas menurun pada anak. Dengan mengenali tanda-tanda imunitas menurun, Bunda bisa mempersiapkan kiat-kiat khusus untuk mencegah tubuh gampang sakit.

 

Mudah merasa lelah

Salah satu ciri-ciri imunitas menurun yang paling umum terlihat adalah saat tubuh merasa mudah sekali lelah. Tubuh rasanya lelah sekalipun sudah mendapat waktu tidur yang cukup, makan teratur, dan beraktivitas ala kadarnya.

Hal ini bisa terjadi karena saat imunitas menurun, tingkat energi yang dimiliki tubuh juga ikut menurun karena tubuh berusaha untuk menghemat energi yang dikerahkan keluar untuk beraktivitas. Alhasil, si kecil pun jadi lebih cepat merasa lelah dan lemas.

Pilek, batuk, dan meriang yang berkepanjangan

Selain mudah merasa lelah, tubuh yang mudah terserang pilek, batuk, dan perasaan meriang dalam waktu yang terlalu lama juga bisa jadi ciri imunitas menurun. Umumnya, saat seseorang terserang pilek atau meriang, istirahat yang cukup dapat membuat penyakit ini sembuh dengan sendirinya, bahkan dalam hitungan hari. Selain itu, gejala berat seperti batuk dan pilek juga mudah sembuh jika diberikan obat yang tepat.

Ini juga selaras dengan cara kerja sistem imun tubuh yang butuh tiga empat hari untuk mempersiapkan antibodi dan mengatasi penyakit. Dari sini, Bunda jadi tahu saat si kecil pilek, batuk, atau meriang selama lebih dari empat lima hari, berarti dapat dipastikan si kecil mengalami imunitas menurun.

Bunda bisa mencegahnya dari sekarang dengan memakai Konicare Minyak Kayu Putih Plus yang dapat menghangatkan tubuh si kecil. Jaga tubuh tetap hangat selama musim hujan ini agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas. Minyak Kayu Putih ini baik digunakan untuk anak-anak juga orang dewasa, lho!

Sering diare atau sembelit

Imunitas menurun juga dapat jelas terlihat saat tubuh mulai mengalami masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Perlu Bunda ketahui, sebagian besar sistem imun berada di bagian usus. Jika imunitas menurun, salah satu tanda yang pertama kali muncul adalah gangguan pencernaan ini.

Dalam usus, terdapat bakteri baik yang punya peran besar dalam proses pencernaan. Bakteri baik ini akan melepaskan antibodi untuk melawan bentuk-bentuk infeksi pencernaan. Namun, jika imunitas menurun, maka akan sulit juga bagi bakteri baik ini untuk memproduksi antibodi untuk sistem pencernaan. Alhasil, si kecil yang imunitasnya menurun akan merasakan diare atau sembelit secara tiba-tiba.

Luka yang sulit sembuh

Tanda atau ciri lain saat imunitas menurun adalah luka yang sulit sembuh. Seperti yang Bunda ketahui, saat kulit terluka, sistem imun tubuh akan merangsang pembentukan sel darah putih untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

Di saat yang sama, sel darah merah juga bergerak untuk membentuk jaringan baru agar luka cepat tertutup dan mengering. Jika imunitas menurun, produksi sel darah putih pun akan melambat, sehingga luka pada kuli jadi sulit kering atau susah sembuh.

Gampang sariawan

Tahukah Bunda kalau sariawan tidak selalu disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin C saja? Jika imunitas tubuh menurun, maka area mulut juga akan lebih mudah muncul sariawan. Saat sariawan sudah bermunculan, jadikan ini pertanda untuk mulai memperhatikan kondisi tubuh dan kesehatan si kecil.

Ketika imunitas menurun, area rongga mulut akan kesulitan untuk menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans, jamur yang bertanggung jawab atas munculnya sariawan di mulut. Itu sebabnya kebersihan mulut juga harus ekstra dijaga untuk mencegah kemungkinan munculnya sariawan di mulut.

Itu dia beberapa ciri-ciri umum yang menunjukkan bahwa imunitas menurun. Bunda bisa menjadikan ciri-ciri ini sebagai petunjuk awal kalau tubuh si kecil sedang butuh perhatian ekstra. Bila sudah muncul sejumlah ciri-ciri di atas, jadikan ini pertanda bagi si kecil untuk segera mengambil waktu untuk beristirahat, memperbaiki pola makan, dan pola tidur agar teratur dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh kembali.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Hafiza_kamila_putri

sangat membantu

Elizabethamora

thanks

MomyhAmy

Terima kasih konicare untuk share info bermanfaat nya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved