Anak

Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Anak

Buah adalah salah satu sumber air dan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga merupakan sumber antioksidan alami. Buah juga merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang penting guna membantu proses tumbuh kembang anak. Mengajarkan anak mengkonsumsi buah-buahan sejak dini, bahkan sejak usia memulai MPASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat menjadi salah satu cara untuk menghindarkan anak agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa jenis buah yang bermanfaat untuk anak.

 

Pisang:

Buah pisang mengandung zat gizi, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin A, mineral dan asam folat. Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain mineral dalam buah pisang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan zat besi dalam pisang mencapai 2 mg per 100 gram. Pisang segar dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit karena pisang mengandung serat makanan yang cukup tinggi, dimana akan membantu usus mendorong kotoran keluar. Pilih pisang dengan tingkat kematangan optimal untuk di konsumsi anak, selain rasanya manis juga akan mempermudah anak untuk mengkonsumsinya.

 

Jeruk:

Jeruk merupakan salah satu jenis buah kaya nutrisi yang penting bagi tubuh anak,  jeruk bisa menjadi pencegah penyakit karena kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya, memiliki kalori terendah sehingga mampu menyediakan berbagai zat gizi termasuk vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Jeruk juga membantu penyerapan zat besi yang berada dalam tubuh, selain itu jeruk adalah buah yang di dalamnya kaya dengan kandungan vitamin C, vitamin A dan asam folat yang berperan cukup penting dalam perkembangan otak. Jeruk dapat diberikan baik dalam bentuk jus atau langsung dikonsumsi, pilihlah jeruk yang manis untuk anak anda.

 

Tomat:

Tomat sangat baik untuk kesehatan anak dan balita, mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti serat yang akan membuat pencernaan anak akan lebih lancar. Tomat juga merupakan salah satu antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung dan juga kanker. Selain itu buah yang berwarna merah ini kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan juga vitamin C untuk menambah kekebalan tubuh anak. Pastikan untuk memberikan tomat yang segar untuk dikonsumsi anak.

 

Apel:

Kandungan gizi utama buah apel diantaranya kalium, magnesium, fosfor, kalsium. Vitamin A, B1, B2 dan C yang berguna untuk pertumbuhan anak. Apel memiliki 0,1 mg seng dan 0,2 mg zat besi per 100 gram, mengandung serat yang baik untuk pencernaan anak dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Manfaat apel selain penghasil asam alami dengan kandungan astrigen dapat mencegah gigi keropos dan memutihkan gigi. Apel juga baik untuk kesehatan anak.

 

Alpukat:

Anak membutuhkan banyak karbohidrat, lemak dan protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya. Alpukat dapat menjadi alternatif buah pilihan untuk dikonsumsi anak. Kandungan lemak pada alpukat sangat berguna bagi perkembangan syaraf pusat, otak dan fisik anak. Alpukat juga mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin B2, B3, B5, C, K dan E, zat besi, tembaga, kalium, serat, dan asam folat. semua zat tersebut sangat dibutuhkan bagi anak. Terutama vitamin B komplek yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan jaringan dan kesehatan pada sel-sel tubuh.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

avocado

imroatul_mufidah

alpukat...

bundaninas_86

Banyak sekali manfaatnya artikel dari bunda konicare ini

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved