Anak

Lakukan Cara Ini untuk Menghindari Si Kecil dari Biang Keringat

Biang keringat atau yang disebut juga dengan mirilia merupakan suatu gangguan kulit yang biasanya dialami Si Kecil dengan jumlah keringat berlebih. Umumnya biang keringat ditandai dengan munculnya bintil kecil kemerahan pada permukaan kulit. Walaupun tidak nyeri tapi hal ini bisa mengganggu kegiatan dan juga kenyamanan Si Kecil. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi si biang keringat.

Memilih pakaian yang menyerap keringat

Si Kecil lebih berisiko mengalami biang keringat karena kelenjar keringatnya belum berkembang secara sempurna. Sehingga keringat mudah tersumbat pada pori-pori kulit dan menimbulkan ruam pada lipatan kulit atau di bagian tubuh yang tertutup pakaian. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan yaitu memilih pakaian dengan bahan yang ringan dan mampu menyerap keringat seperti bahan katun.

Hal ini akan membuat tubuhnya lebih sejuk dan kulitnya bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Pilih pakaian dari serat alami dan hindari pakaian dari kain sintetis seperti polyester dan nilon. Karena kain sintetis akan memerangkap panas dan akan memicu terjadinya biang keringat.

Hindari udara panas dan lembab

Cara lainnya untuk mengatasi Si Kecil dari biang keringat adalah sebisa mungkin hindari udara panas dan lembap. Bila menggunakan AC dan kipas angin, usahakan jangan langsung mengarahkannya ke tubuh Si Kecil. Bila hendak mengajak Si Kecil keluar rumah, jangan lupa membawa topi dan juga kipas. Pastikan Si Kecil mendapat asupan air minum yang cukup untuk mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat.

 Jangan menggendong Si Kecil saat cuaca panas karena akan membuatnya lebih kepanasan. Jangan ragu untuk segera menemui dokter bila suhu tubuh Si Kecil lebih dari 38 Celcius dan ruamnya tidak hilang setelah 3-4 hari. Lakukan penanganan lebih lanjut bila ruamnya tampak semakin parah bahkan infeksi.

 

Jaga kulit tetap dingin

Saat kulit Si Kecil mulai terasa panas dan lembap, itu artinya dia kepanasan. Longgarkan pakaian yang dikenakan Si Kecil. Ajak dia ke tempat yang lebih sejuk dan teduh. Lalu seka keringatnya dengan handuk lembut. Tempelkan waslap bersih dan dingin pada kulit Si Kecil yang terkena biang keringat. Langkah ini cukup efektif agar Si Kecil terbebas dari biang keringat. Memandikan si Kecil juga bisa mengatasi biang keringat.  Selain itu, Bunda bisa memotong kuku Si Kecil agar tidak menimbulkan luka gores bila Si Kecil sewaktu-waktu menggaruk kulitnya.

Penggunaan produk untuk mencegah biang keringat

Penggunaan krim atau bedak untuk biang keringat bisa Bunda aplikasikan pada kulit Si Kecil. Hal ini cukup efektif namun sebaiknya Bunda berhati-hati memilih produk untuk mencegah biang keringat. Terutama bila Si Kecil memiliki jenis kulit yang sensitif. Salah satu produk yang bisa Bunda coba adalah Konicare Bedak Biang Keringat, yaitu bedak perawatan untuk mencegah gatal karena biang keringat serta gangguan kulit lainnya. Dengan kandungan alami olive oil, Konicare Bedak Biang Keringat, aman untuk bayi dan seluruh keluarga.

 

Langkah- langkah untuk mengatasi biang keringat pada Si Kecil diatas bisa Bunda coba di rumah. Meskipun biang keringat bukan merupakan suatu gangguan kulit yang serius, namun bila hal ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, maka akan sangat mengganggu aktivitas belajar dan bermain Si Kecil. Yuk bebaskan Si Kecil dari biang keringat dengan Konicare Bedak Biang Keringat!

 

Photo credit: pexels.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

terima kasih.. bermanfaat sekalii..

wardafaridiyah

nice..

mama3d8

Bermanfaat sekali infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved