Anak

Anak Susah Makan? Ini Dia Trik Menjaga Nutrisi Anak Terpenuhi

Ada banyak penyebab mengapa anak jadi susah makan. Mungkin karena ia tidak suka tekstur dan rasanya, atau mungkin karena ia belum tertarik untuk mencobanya. Apapun alasannya, anak yang susah makan pastinya membuat Bunda merasa bingung dan khawatir untuk menjaga nutrisinya tetap terpenuhi.

Kebutuhan gizi anak sangat penting, apalagi di tengah pandemi ini. Supaya si kecil tetap sehat, ikuti cara mengatasi anak susah makan berikut ini.

Ketahui makanan kesukaan anak

Salah satu penyebab utama mengapa anak Bunda cenderung susah makan adalah karena ia termasuk anak yang suka pilih-pilih makanan. Coba tanyakan kepada si kecil makanan apa yang paling ia sukai. Bunda bisa coba untuk memasukkan makanan favoritnya ke dalam setiap menu makanan agar si kecil lebih semangat untuk menyantap makanannya.

Menuruti keinginan anak bukan berarti menu yang ia santap harus selalu mengikuti kemauannya. Cara mengatasi anak susah makan harus dilakukan secara perlahan, yakni dengan membuat si kecil semakin menantikan waktu makan. Bunda juga bisa menyisipkan sayuran yang dipotong kecil-kecil ke dalam menu favoritnya, supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Berikan menu yang sama dengan anggota keluarga lainnya

Kesalahan yang seringkali dibuat adalah memasak dua menu berbeda, menu pertama untuk si kecil, dan menu kedua untuk anggota keluarga lainnya. Selain malah merepotkan Bunda karena harus memasak dua menu berbeda, hal ini juga semakin membuat anak malas makan. Cara mengatasi anak susah makan ini membantu anak untuk paham bahwa makanan yang harus ia santap ini juga sama enaknya dengan makanan yang disantap orang dewasa.

Mungkin si kecil awalnya tidak suka dengan tekstur sayuran. Tetapi saat ia melihat orang tua atau saudaranya memakan sayuran dengan lahap, secara tidak langsung akan menarik perhatian dan keingintahuan anak untuk mencoba kembali sayuran tersebut. Dengan cara ini, Bunda pun bisa mendorong anak untuk lebih berani mencoba makanan-makanan baru, sekaligus memperluas palet rasa.

Jangan memaksa anak

“Habiskan sayurannya!” atau “Tidak boleh main kalau sayurannya belum habis” merupakan dua ucapan yang paling sering dilontarkan kepada anak yang susah makan. Bunda, anak akan jadi semakin membenci sayuran jika terus dipaksa. Gunakan cara mengatasi anak susah makan yang lebih lembut dan bebas paksaan, hindari kata-kata seperti “jangan” dan “harus.”

Bunda bisa mulai dengan memberitahunya manfaat sehat dari setiap sayuran yang akan ia makan. Misalnya seperti wortel yang membuat penglihatannya semakin tajam atau bayam yang bisa membuatnya semakin kuat. Tidak ada salahnya untuk menjadikan karakter atau idola favoritnya sebagai contoh. “Lihat superhero itu bisa kuat karena ia suka makan bayam” salah satu ungkapan yang bisa Bunda coba di rumah.

Buat meal plan yang seimbang

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memiliki kebiasaan makan yang berbeda. Dikarenakan porsi makannya yang lebih kecil, waktu makan anak pun lebih pendek. Di setiap sela antara makan siang dengan makan malam harus diimbangi dengan snack yang bergizi supaya si kecil tidak kelaparan. Maka dari itu, Bunda harus mulai membuat meal plan dengan nutrisi seimbang.

Saat anak sudah asik bermain, pasti ia tidak lagi mengingat rasa lapar yang ia rasakan. Bunda perlu mengatur jadwal makan anak, beritahu si kecil bahwa sekarang waktunya untuk makan. Beberapa snack sehat yang bisa Bunda buat di rumah misalnya potongan buah apel dengan selai kacang, sereal gandum, atau nugget sayuran. Selain itu, Bunda juga bisa ajak si kecil untuk ikut memasak di dapur supaya ia semakin semangat untuk makan makanan yang dibuatnya bersama Bunda.

Beri tambahan suplemen

Memang sulit untuk memastikan kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi, apalagi bila si kecil susah makan. Cara mengatasi anak susah makan sudah dicoba, tetapi Bunda juga bisa memberikan tambahan suplemen. Ada suplemen yang secara khusus mengandung vitamin, ada juga yang mengandung nutrisi lengkap dari sayuran dan buah. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan anak. Bunda juga bisa membeli suplemen makanan dengan rasa dan bentuk yang menarik.

Itu dia lima cara mengatasi anak susah makan yang layak Bunda coba. Supaya anak tetap sehat, pastikan bahwa kebutuhan nutrisinya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan.

Jika kebetulan Bunda dan keluarga sedang berada di luar rumah, Bunda dapat memberikan Konicare Gel Pembersih Tangan sebagai pengganti sabun. Selain mengandung antiseptik yang ampuh membunuh kuman dan bakteri, Konicare Gel Pembersih Tangan juga mengandung ekstrak alami avocado yang membuat tangan tetap terasa halus dan lembut.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Bilqis

terimakasih infonya bunda :)

ifadatun

info yg sangat membantu sekali.. mengingat anak saya lagi susah bgt makan

imasjepry20

siaap

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved