Anak

Mempersiapkan Mental Anak di Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah merupakan saat-saat yang mendebarkan bagi Si Kecil. Banyak hal yang membuatnya penasaran. Di lain sisi, ia juga takut akan dunia baru tersebut. Ada anak yang senang hingga tak sabar menyambut hari pertama sekolah dan ada pula yang ketakutan hingga tak mau berangkat. Nah, Bunda, agar Si Kecil tetap tenang menjalani hari pertamanya di sekolah, ada baiknya bunda mempersiapkan mentalnya dulu dari awal. Berikut yang bisa Bunda lakukan untuk membantunya.

Membangun Rasa Percaya Diri

Cara ini dapat dilakukan dengan sering-sering mengajaknya berkenalan dengan orang baru. Misalkan ajak dia untuk menghadiri pertemuan keluarga atau tetangga. Orang-orang ini adalah orang baru baginya, sehingga libatkan dia dalam percakapan dan ajak untuk berkenalan. Hal ini bisa membangun rasa percaya dirinya ketika masuk sekolah. ia pun tidak akan merasa canggung untuk berkenalan dengan teman barunya.

Mengajaknya Berjalan-jalan ke Sekolahnya di Hari Sebelumnya

Agar Si Kecil bisa mendapat gambaran seperti apa gambaran kehidupan sekolah, tidak ada salahnya Bunda mengajaknya berjalan-jalan di sekolahnya sehari sebelum hari pertama sekolah. Tempat bermain dan kelas akan bisa membuatnya paham bahwa sekolah tidak semenakutkan apa yang ia pikirkan selama ini.

Beri tahu Bahwa Sekolah adalah Tempat yang Seru

Di sekolah, ia bisa belajar ilmu baru dan tidak perlu khawatir akan mengalami kesusahan. Beri tahukan padanya bahwa di sekolah terdapat guru yang siap membimbingnya dan membantunya sampai ia paham dengan pelajaran yang tidak ia mengerti. Guru adalah orang yang ramah dan bisa membuatnya pandai.

Buat Ia Paham Bahwa Sekolah Dapat Membuatnya Mandiri

Sekolah adalah salah satu cara untuk membuat Si Kecil semakin mandiri. Di sana ia akan belajar untuk mengatasi masalahnya sendiri, tanpa bantuan Bunda atau ayahnya yang selalu ada setiap saat. Katakan pada Si Kecil bahwa ini dapat membuatnya tumbuh dewasa dan lebih pintar. Kemandirian menyelesaikan masalah akan membuatnya unggul di antara teman-temannya. Si Kecil yang paham akan hal ini akan merasa tertantang untuk segera menyambut hari pertama sekolah.

Katakan Padanya Bahwa Ia Dapat Bergaul dengan Banyak Teman

Tak hanya itu, di sekolah ia tidak hanya belajar sendiri, tapi juga akan ada banyak anak seusianya yang belajar di sana. Dengan begitu, dia bisa menjalin pertemanan dan memulai kehidupan serunya di sekolah. Si Kecil yang berjiwa sosial tinggi tentunya akan sangat senang mendengar manfaat pergi ke sekolah yang satu ini. Ceritakan pengalaman indah ketika seseorang memiliki banyak teman dan apa yang bisa dilakukannya dari hal tersebut.

Beri Semangat

Satu hal yang sangat penting dan tak boleh Bunda lupakan adalah memberinya semangat. Selain membangun rasa percaya dirinya, berilah ia semangat bahwa tidak ada yang perlu dirisaukan di hari pertama sekolah. Jika perlu, buatkan bekal kesukaannya di hari pertamanya sekolah. Atau beri tahukan padanya bahwa Bunda akan membuatkan puding favoritnya sepulang sekolah nanti.

Banyak, bukan, yang bisa Bunda lakukan untuk anak menjelang hari pertama sekolahnya? Karena rasa takut yang dialami oleh anak adalah hal wajar, maka sebisa mungkin jangan membentaknya atau malah menyalahkannya karena hal ini justru akan membuatnya berkecil hati dan enggan masuk sekolah.

 

Photo source: akshayapatra (pixabay.com)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved