Anak

Mengajarkan Anak Bertata Krama

Ketika sudah menginjak usia 3 tahun, saatnya si kecil diajarkan untuk bertata krama dan mempelajari cara bersopan santun. Dengan pembelajaran yang baik, maka dia akan akan senang meniru, serta mengingat perilaku sopan seperti yang anda contohkan kepada mereka.

Salah satu cara supaya si kecil bisa mempraktekkan tata krama hasil bimbingan anda adalah dengan cara bertamu, minimal kepada sanak saudara terlebih dahulu, setelah itu baru bertamu kepada yang lainnya. cara ini digunakan supaya nantinya anda tidak terlalu malu kalau si kecil bertindak di luar prediksi anda.

Harus diakui, mengajak si kecil bertamu, terkadang akan membuat anda deg-degan. Anda akan membayangkan apa yang akan dilakukan si kecil di rumah orang lain nanti, apakah dia akan mengomentari minuman yang tidak sesuai dengan seleranya, apakah dia akan mengomentari rumah orang lain, atau bahkan dia malah mencibir makanan tuan tumah yang kurang enak.

Supaya si kecil memiliki etika dan sopan santun yang baik, berikut merupakan cara sederhana supaya si kecil bisa menjaga perilaku dan bisa berlaku sopan ketika bertemu dengan orang lain.

  • Biasakan si kecil untuk menyapa seluruh penghuni rumah dan orang lain untuk mengucapkan salam, berjabat tangan dan tidak malu ketika bertemu dengan orang yang baru.
  • Biasakan si kecil untuk bisa duduk tenang di kursi tamu. Selain itu, beritahu si kecil supaya dia tidak sembarangan masuk ke dalam rumah orang lain, apalagi sampai masuk ke ruang pribadi seperti kamar, dapur dan tempat lainnya yang dianggap privacy.
  • Cobalah untuk bersikap baik kepada anak di rumah orang anda kunjungi. Hindari membentak, menjewer, atau tindakan lainnya dengan tujuan supaya si kecil takut.
  • Ajarkan mereka untuk tidak mengomentari tentang apa pun tentang rumah dan orang yang dia kunjungi bersama anda.

Ketika akan mulai bertamu, anda tidak perlu segan untuk mengingatkan si kecil tentang apa yang harus dia lakukan di sana dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kalau memang si kecil membuat kesalahan, tegur dia dengan cara berbisik dan tunjukan kalau anda juga menghormati tuan rumah.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

ok

imroatul_mufidah

bwner bangwt... bagua infonya bun

bundaninas_86

Menanamkan tata krama pada anak sejak dini sgtlah penting

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved