Anak

​​​​​​​4 Tips dan Trik Mudah Merawat Anak

Merawat anak memang merupakan tugas yang gampang-gampang susah. Terutama pada masa-masa awal menjadi orangtua, Bunda mungkin akan merasa kebingungan dalam merawat si kecil. Untuk itu, Bunda bisa ‘mencontek’ cara merawat anak dari mereka yang lebih berpengalaman, misalnya artis. Beberapa artis Indonesia ini memiliki trik merawat anak yang bisa Bunda contoh, lho.

Baby Led Weaning

Bayi yang sudah berusia 6 bulan memasuki usia siap diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (mpASI), usia ini pencernaan bayi dianggap siap menerima makanan yang lebih padat. Salah satu metode pemberian mpASI untuk si Kecil yang sedang popular adalah Baby Led Weaning. Lewat metode ini, si Kecil diberikan kemandirian untuk memilih, mengeskplor dan menikmati makanan dengan tangannya sendiri.

Salah satu artis yang menerapkan metode ini adalah Andien yang kerap kali mengunggah perkembangan sang putra Anaku Askara Biru (Kawa) di sosial media milikinya. Bunda mungkin mendengar jenis pola asuh Baby Led Weaning (BLW) juga dari penyanyi yang satu ini. Andien bisa menjadi contoh bagaimana mengajarkan kemandirian pada Kawa sedari dini melalui metode ini. Dengan demikian, anak tidak akan manja di masa depan. Bunda boleh mencontoh Andien untuk melatih kemandirian si kecil.

Alam adalah Jawaban

Sebagai orang tua, pasti Bunda ingin selalu memberikan yang terbaik untuk si Kecil, salah satunya adalah menerapkan perawatan terbaik dari alam. Melakukan perawatan bayi seperti menjemur bayi pada panas matahari pagi, memberikan ASI, memijat bayi, dan memperkenalkannya dengan alam sejak dini mungkin terdengar tradisional, namun, aktris Atiqah Hasiholan percaya bahwa alam merupakan perawatan yang terbaik bagi sang buah hati.

Bunda juga bisa mengikuti tips dari Atiqah Hasiholan dengan menggunakan Konicare Minyak Telon Plus yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa tambahan parfum, halal serta efektif melindungi dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Orangtua sebagai Teman

Untuk bisa memahami bagaimana perasaan anak, orang tua perlu menyesuaikan diri dengan pemikiran si anak dan memposisikan diri sebagai seorang teman. Di saat Bunda dapat memahami jalan pikiran si kecil, berkomunikasi dengannya pun akan terasa mudah dan transparan karena anak merasa dimengerti.

Bunga Citra Lestari adalah salah satu artis yang memiliki cara khusus untuk merawat putranya yang beranjak remaja bernama Noah Sinclair. Penyanyi yang akrab disapa BCL ini menempatkan dirinya sebagai seorang teman bagi Noah. Menurutnya, orang tua perlu tahu apa yang ada di pikiran sang anak dan bagaimana jalan pemikirannya.

Mendekatkan Anak pada Sang Pencipta

Satu tips mendidik anak adalah dengan mengembangkan kecerdasan spiritual si Kecil. Salah satu caranya adalah dengan memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an kepada sang buah hati.

Bunda juga mungkin mengenal Oki Setiana Dewi sebagai salah satu artis wanita yang lekat dengan image yang agamis. Hal itu pula yang menjadi ciri Oki dalam mendidik anak-anaknya, yakni dengan pendekatan agama. Oki dan suaminya, Ory Vitrio, selalu berusaha menanamkan nilai-nilai agama pada ketiga anaknya, bahkan sejak mereka masih berada dalam kandungan. Anggapannya adalah dengan lantunan ayat suci, anak akan menjadi lebih kalem dan dekat dengan Tuhan. Selain itu, aktris yang melejit lewat film Ketika Cinta Bertasbih ini juga mencetuskan metode pendidikan NNI (Neuro Nadi Indonesia).

 

Itu tadi tips merawat anak dan beberapa artis Indonesia yang menerapkan cara – cara tersebut, masing-masing memiliki cara tersendiri untuk merawat dan mendidik anak. Semoga bisa membantu Bunda dalam membesarkan si kecil, ya!

 

Photo Credit: Pexel

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved