Anak

Mengajarkan Etika Pada Anak

Setiap orang tua pastinya ingin anaknya memiliki etika yang baik. Oleh karena itu, orang tua harus mengajarkan sopan santun kepada Buah Hati sedini mungkin agar menjadi kebiasaan yang dilakukan secara otomatis oleh si Kecil. Tapi bagaimana caranya ya, Bun? Berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan etika yang bisa Bunda mulai tanamkan sejak dini kepada si Kecil :

Ajarkan Etika Bersopan Santun

Sopan santun tidak hanya harus dimiliki oleh orang dewasa, namun sikap santun dan beretika juga harus dimiliki oleh si Kecil. Bukan hanya sopan santun di dalam rumah, Bunda juga harus mengajarkannya saat di luar rumah. Untuk memulainya, Bunda bisa mengajarkan etika bersikap saat mau makan dan juga etika berbicara dengan orang yang lebih tua saat ada yang bertamu ke rumah. Jangan lupa untuk menjelaskan juga kepada si Kecil manfaat memiliki etika yang baik, dengan memiliki sikap santun serta beretika akan membuat ia disukai banyak orang dan memiliki banyak teman.

Tumbuhkan Sikap Empati dan Simpati

Ajarkan Buah Hati untuk  memiliki sikap peka terhadap lingkungan serta tidak segan membantu orang lain yang membutuhkan. Meski si Kecil baru belajar, tapi gak ada salahnya kok untuk memulainya sejak dini. Proses mengajarkannya memang tidak mudah, oleh karena itu Bunda harus selalu menemaninya hingga ia benar-benar memahami konsep empati dan simpati. Untuk memulainya, Bunda bisa memberikannya pertanyaan bagaimana ia melihat perasaan orang lain menggunakan buku, film atau situasi langsung. Hal ini secara tidak langsung membuat Buah Hati memikirkan juga masalah orang lain.

Berikan Tugas dan Tanggung Jawab

Untuk mendukung si Kecil belajar beretika, gak ada salahnya jika Bunda memberikannya tanggung jawab. Tanggung jawab memiliki manfaat salah satunya adalah melatih Buah Hati untuk menentukan keputusan sehingga ia memiliki motivasi untuk dapat menyelesaikan segala sesuatu sesuai dengan etika yang berlaku. Agar kegiatan ini lebih menyenangkan, berikanlah hadiah jika si Kecil mampu menyelesaikan tugasnya sehingga ia dapat belajar juga untuk selalu menyelesaikan tanggung jawabnya.

Nah, itulah beberapa cara mengajarkan Buah Hati etika, ingat ya Bun proses mengajarkan memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran sampai ia memahaminya. Agar belajarnya semakin semangat, ada baiknya Bunda mengoleskan si Kecil terlebih dahulu Konicare Minyak Kayu Putih Plus. Selain memberikannya kehangatan  dan mencegah masuk angin serta perut kembung, si Kecil juga terlindungi dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Semoga informasinya bermanfaat ya, Bun :)
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Triana

Thanks infonya

MomyhAmy

Terima kasih konicare untuk share info bermanfaat nya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved