Anak

Tips Jitu Membantu Anak Belajar Berhitung Lebih Cepat

Memasuki usia 5 tahun, pada umumnya anak akan dikenalkan pada pelajaran seperti menulis, membaca, dan berhitung. Bagi beberapa anak, menghitung bisa menjadi momok yang menakutkan karena dianggap sebagai suatu hal yang cukup sulit. Akibatnya, anak pun akan semakin tertinggal karena ia takut setiap kali diminta untuk belajar berhitung. Tak perlu khawatir, Bunda. Lakukan cara berikut agar anak bisa belajar berhitung lebih cepat.

Menggunakan Media Belajar yang Menarik

Cara ini bisa Bunda lakukan dengan membelikannya kartu angka bergambar. Dengan gambar yang menarik di kartu tersebut, Si Kecil akan lebih mudah menghafal bilangan di dalamnya. Dengan begitu, Si Kecil akan semakin semangat untuk belajar berhitung. Kartu angka bergambar juga bisa Bunda manfaatkan untuk mengajari Si Kecil mengurutkan angka dengan cara tebak-tebakan. Sebutkan angka, lalu minta Si Kecil untuk mengambil kartu angka sesuai yang Bunda ucapkan. Cara ini akan membuat Si Kecil lebih mudah menghafal besar kecil angka.

Lakukan di Sela Kegiatan Sehari-hari

Belajar berhitung tak harus menggunakan kertas dan pensil di atas meja, tapi juga bisa dilakukan di mana saja. Misalkan ketika Bunda dan Si Kecil berbelanja, minta ia menghitung jumlah barang belanjaan sejenis yang Bunda bawa. Atau ketika saat melewati jalanan tertentu, tanyakan padanya ada berapa banyak kucing atau orang yang sedang lewat di jalanan tersebut. Begitu pun ketika berada di rumah. Misalkan saat memasak di dapur, minta Si Kecil untuk menghitung jumlah piring dan gelas yang ada di situ.

Lagu Juga Bisa Menjadi Cara yang Menyenangkan

Salah satu cara untuk lebih mudah menghafal adalah dengan menyanyikannya. Berhitung juga akan lebih mudah jika Bunda mengajarkannya lagu yang mengandung makna berhitung, seperti lagu “Balonku Ada Lima”. Lagu yang terngiang-ngiang di telinganya secara tidak langsung akan memudahkannya untuk menghafal jumlah. Ada banyak lagu yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil. Bunda bisa mencarinya di YouTube. Di sana, Si Kecil tak hanya akan mendengarkan lagu, tapi juga video yang akan membuatnya lebih mudah menghafal.

Permainan Juga Tak Kalah Seru

Dua permainan seru yang bisa membuat Si Kecil belajar berhitung lebih cepat adalah permainan Ular Tangga dan Monopoli. Pada lembaran kertas Ular Tangga, ada 1-100 petak yang harus dilaluinya berdasarkan angka yang ditunjukkan pada dadu. Untuk bisa melanjutkan permainan, ia harus tetap melangkah sesuai bilangan pada dadu tersebut sehingga mau tidak mau ia harus berhitung. Begitu juga dengan Monopoli. Di sana tak hanya ada sederetan petak yang harus dilalui, tetapi juga uang mainan serta jumlah tertentu yang tertera pada kartu.

Memang setiap anak memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda juga tidak memaksakan pada Si Kecil. Satu hal lagi yang penting, ketika mengajari anak untuk belajar berhitung, jangan mudah marah bila anak tak kunjung bisa memahami apa yang Bunda ajarkan. Jika Bunda memarahinya, maka akan semakin membuatnya enggan untuk belajar.

 

Photo credit: picjumbo_com (pixabay.com)

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

maya_nurmaelasari09

terima kasin infonya, sangat membanty utk anak saya

muslikhatun

good

sondari

terima kasih informasinya, patut di coba nih tips nyaa..

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved