Anak

Tips Agar Anak Menyukai Sayur

Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang baik guna kesehatan dan tumbuh kembang anak. Beberapa jenis sayuran juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Akan tetapi terkadang sangat sulit membuat anak menyukai sayuran karena ada sebagian rasa dan bau sayuran yang tidak berkenan. Untuk itu perlu beberapa trik membuat anak menyukai sayuran.

 


1. Sajikan dalam bentuk yang menarik

Anak menyukai segala sesuatu yang menarik perhatiannya, begitupun makanan yang disajikan untuknya. Buatlah sayuran yang akan dikonsumsi anak semenarik mungkin misalnya dengan membuat potongan sayuran menjadi bentuk yang unik, seperti wortel dan kentang berbentuk segitiga atau bunga. Setelah sayuran siap, sajikan bersamaan dengan alat makan (piring dan sendok) berbentuk menarik misalnya menggunakan alat makan dengan gambar tokoh kartun kesukaan anak.


2. Jangan memaksa dan jangan tergesa-gesa

Sebagian sayuran membutuhkan waktu yang lama untuk diproses didalam mulut karena teksturnya yang agak liat, anak butuh waktu untuk mengunyah dan menelannya, maka jangan memaksa anak untuk menghabiskan sayuran dalam waktu yang cepat atau tergesa-gesa. Sabarlah menunggu hingga anak selesai menghabiskan sayurannya. 


3. Ajaklah anak berbelanja

Mengajak anak pergi berbelanja ke pasar tradisional ataupun ke supermarket terdekat dengan rumah dapat membuat anak bersemangat. Ibu dapat menjelaskan jenis-jenis sayuran dan manfaatnya jika dikonsumsi, sehingga akan menumbuhkan minat anak untuk memakannya ketika sudah dimasak dan disajikan dengan bentuk yang menarik.


4. Variasi  menu

Sama halnya dengan orang dewasa, anak juga akan bosan jika melihat makanan yang disajikan itu-itu saja. Ibu dapat membuat sayuran menjadi bervariasi. Ada beragam jenis sayuran yang dapat dikombinasikan dalam satu menu atau bergantian tiap harinya. Sehingga anak melihat menu yang berbeda setiap harinya.


5. Makan sayur sambil belajar

Sambil menunggu anak menghabiskan makannya. Ceritakan betapa baiknya sayuran untuk tubuh dan tumbuh kembangnya, apa saja jenis sayuran yang baik dikonsumsi dan banyak hal tentang sayuran yang bisa dijadikan cerita yang menarik sehingga anak bersemangat mengkonsumsinya. Misalnya ibu bisa menyebut brokoli si kribo.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

hennysus0890

asiap

imroatul_mufidah

sippp

bundaninas_86

Alhamdulillah anak anak saya suka makan sayur

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved