Anak

Beberapa Hal yang Harus Bunda Ketahui Tentang Plus Minus Homeschooling

Homeschooling atau bersekolah di rumah merupakan salah satu sistem yang umum di luar negeri namun belum begitu populer di Indonesia. Meski ada, namun banyak Bunda yang ragu akan sistem ini. Padahal, banyak juga hal positif yang didapatkan dari homeschooling. Berikut penjelasan mengenai homeschooling yang dapat Bunda jadikan bahan pertimbangan sebelum memilih sistem sekolah mana yang pas untuk si kecil.

Potensi Anak Dapat Tergali Secara Privat

Ketika masuk ke sekolah umum, perhatian guru akan terbagi pada sekian murid dan kurang bisa berfokus pada satu anak saja. Namun homeschooling menawarkan penggalian potensi yang terpusat pada si kecil. Si kecil dapat mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minatnya secara jelas dan dengan bimbingan yang baik. Sehingga, Bunda dapat melihat perkembangan potensinya secara maksimal.

Biaya yang Fleksibel

Sistem homeschooling membuat Bunda dapat memilih biaya sesuai dengan kondisi keuangan, tidak seperti sekolah umum yang memiliki biaya merata pada seluruh siswa. Tidak semua homeschooling itu berbiaya sangat tinggi lho, Bunda.

Tetap Siap Terjun ke Dunia Luar

Homeschooling identik dengan tak siapnya si kecil ketika masuk ke dunia luar karena tak pernah berinteraksi dengan banyak orang. Kenyataannya, banyak anak-anak yang berhasil di dunia luar berkat homeschooling. Sistem ini memang membuat si kecil belajar sendiri di rumah, tetapi tak membuat mereka tak tahu menahu tentang dunia luar. Banyak mata pelajaran yang dapat digunakan oleh dirinya untuk belajar tentang dunia luar nantinya, dan sang pengajar bila diminta juga bisa mengajaknya keluar untuk belajar hal yang menarik. Seperti mengunjungi kebun binatang untuk belajar biologi.

Jadwal Santai Tanpa Absensi

Meski tetap ada hitungan masuknya, namun si kecil lebih mudah Bunda ajak ke mana pun dengan homeschooling. Berbeda dengan sistem sekolah umum yang memiliki jadwal saklek dan Bunda harus mematuhinya, bahkan bisa terkena sanksi bila tak memenuhi jumlah kehadiran.

 

Guru yang Bermacam-macam dan Privat

Beberapa sistem homeschooling memberikan guru yang berbeda setiap mata pelajarannya. Itu berarti, si kecil akan mendapatkan pelajaran dari berbagai macam orang secara one on one. Hal ini dapat membuatnya berinteraksi secara intens dengan berbagai tipe manusia secara langsung, dan bisa digunakan ketika ia terjun ke dunia luar nanti.

Bisa Berdampak Pada Kemampuan Teamwork

Karena sistem homeschooling sifatnya privat, biasanya si kecil akan lebih susah untuk berkerja dalam tim ketika ia keluar nanti. Pasalnya, meski bertemu dengan berbagai macam guru dan mendapatkan pelajaran tentang dunia luar, ia tak punya teman. Karena itu ada baiknya Bunda untuk tetap mengajaknya keluar dan bermain dengan teman sebayanya. Bisa dalam bentuk les seperti les balet atau sekadar bertemu dengan banyak anak di tempat bermain.

Ada banyak kelebihan dari homeschooling yang kurang dipahami oleh banyak orang. Intinya, Bunda harus tetap menyediakan waktu baginya untuk belajar dunia luar dan memiliki banyak teman. Hal ini dapat mendorong potensinya untuk menjadi lebih baik.  

 

Photo credit: Pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

izhar

tq

Widya

makasih infonya

anna_atina

tq

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved