Anak

Lakukan Hal Ini Agar TV Memberi Efek Positif untuk Anak

Beberapa orangtua menganggap kalau TV bisa memberikan pengaruh negatif kepada anak, tapi sebuah penelitian yang dilakukan di University of Washington, mengatakan kalau televisi ternyata mempunyai pengaruh yang baik terhadap perilaku anak, dengan catatan program televisi yang ditonton merupakan tayangan yang positif dan mengandung unsur pendidikan.

Memang benar, acara televisi terkadang mampu memberikan efek yang luar biasa, bahkan sampai mampu mempengaruhi cara berpikir para penontonnya, termasuk anak anda. Lantas, bagaimana caranya supaya acara televisi ini memberikan pengaruh positif. Berikut cara yang harus anda lakukan.

Cari tahu program dan kontennya

Untuk melindungi anak bukan berarti anda harus menjauhkan anak dari perkembangan teknologi, justru anda harus mulai untuk memperkenalkan teknologi kepada anak sejak dini. Disinilah peran anda sebagai orangtua akan diuji, anda harus bisa memfilter program apa saja yang layak untuk di tonton anak-anak dan apa yang tidak boleh ditonton oleh mereka.

Atur jadwal

Supaya waktu menonton televisi lebih efektif, anda harus mampu mengatur jadwal kapan si anak boleh menonton televisi dan kapan harus menjauh dari televisi dan melakukan aktifitas di luar. Hal ini bertujuan supaya si anak maish bisa berinteraksi dengan lingkungannya, dan tidak betah berjam-jam nonton televisi tanpa ada pengawasan. Selain itu, pengatur jadwal menonton juga memberikan pendidikan kepada si kecil untuk bisa disiplin waktu.

Diskusikan acara

Setelah selesai menonton acara televisi, cobalah untuk mendiskusikan tentang program yang telah ditonton oleh si anak. Ini bertujuan untuk mengajarkan kalau menonton televisi bukan untuk hiburan semata, tapi si anak juga dituntut untuk melihat pesan apa yang disampaikan oleh film yang sudah ditontonnya. Selain itu, diskusi ini juga bisa anda gunakan untuk mengetahui bagaimana pola pikir si anak.

Beri penjelasan

Jangan lupa untuk menjelaskan apa bedanya fakta dengan fiksi, jangan sampai ketika si anak melihat tokoh tikus yang bicara, lantas si anak menyimpulkan kalau tikus juga bisa berbicara dan melakukan aktifitas layaknya seorang manusia. Terangkan juga kenapa tikus yang ada di televisis sangat berbeda dengan tikus yang ada di kehidupan nyata. Inilah salah satu alasan kenapa anda harus terus mendampingi anak ketika menonton televisi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

bagus... nanti bisa dipraktikan saat ara udah ngerti tv

bundaninas_86

Thank you

Irvia0404

good

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved