Anak

Ternyata Hal-Hal Sepele Berikut Ini Bisa Membantu Anak Sukses Di Masa Depan

Kesuksesan tidak diraih dalam waktu singkat, tapi memerlukan waktu yang lama untuk membentuk karakter-karakter yang dapat mendukung hal tersebut. Pembentukan karakter harus diawali dari kecil. Percaya atau tidak, hal-hal sepele yang Bunda ajarkan untuknya bisa membantunya untuk sukses di masa depan lho, Bunda. Penasaran apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Menunjukkan Rasa Sayang pada Si Kecil

Siapa sangka ternyata menunjukkan rasa sayang pada Si Kecil sangat mempengaruhi kepribadiannya. Dengan menunjukkan perhatian Bunda, hal ini akan menjadi semangat baginya. Selain itu, dari situ ia akan belajar untuk menyayangi orang lain misalnya teman dan saudaranya. Jika Bunda kurang bisa menunjukkan rasa sayang ini, tidak menutup kemungkinan ia akan merasa kurang percaya diri dalam dirinya sehingga hal ini akan menghambatnya untuk berkembang.

Mengajaknya Berbelanja dengan Perhitungan yang Tepat

Tidak ada salahnya Bunda mengajak Si Kecil berbelanja. Hal sepele seperti ini juga mampu menumbuhkan karakter pada anak. Bukan mengajari anak untuk hidup boros, tapi sebaliknya. Berbelanjalah sesuai kebutuhan. Misalnya dengan membawa daftar barang yang perlu dibeli dari rumah dan hanya membeli yang tertera di situ. Si Kecil yang melihat hal itu akan meniru perilaku Bunda. Dari sini, Si Kecil akan belajar menghargai uang.

 

Tidak Menunda Pekerjaan

Dalam tumbuh kembangnya, Si Kecil lebih banyak melihat orang tuanya sebagai panutan, terutama bunda. Oleh sebab itu, Bunda juga harus menunjukkan perilaku yang baik agar ia juga menirunya. Misalnya dengan melakukan pekerjaan rumah tepat waktu tanpa menunda-nundanya. Dengan sikap yang rajin seperti itu, Si Kecil akan berusaha menumbuhkan karakter disiplin dalam dirinya. Salah satu karakter orang sukses adalah disiplin yang tinggi.

Mengajarinya untuk Berbagi

Sifat yang satu ini tidak semua orang memilikinya. Namun, jika Bunda bisa menumbuhkan karakter ini pada diri Si Kecil sejak dini akan sangat hebat. Ajarkan padanya bahwa kita harus rajin berbagi dengan sesama. Dengan begitu, hal ini akan menumbuhkan sikap rendah hati dalam dirinya dan menghargai orang lain. Orang tua mana yang tak suka jika anaknya memiliki empati tinggi?

Selalu Bersikap Tenang dan Positif

Dalam hidup, kita tidak lepas dari yang namanya masalah. Begitu pula dengan Si Kecil. Ketika Si Kecil mengalami masalah, jangan langsung menyelesaikannya ataupun memarahinya. Sebaliknya, ajarkan Si Kecil untuk bersikap tenang dan melihatnya dari sisi yang berbeda. Segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Itulah yang harus Bunda tanamkan pada Si kecil. Kelak ketiak ia tumbuh besar, ia akan berpikir tenang untuk menyelesaikan masalahnya sehingga mampu menemukan solusi yang tepat.

Hal-hal sepele di atas jika dibiasakan pada Si Kecil akan terus melekat dalam dirinya seiring ia tumbuh dan menjadi bagian dari karakternya. Pembentukan karakter Si Kecil harus dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itu, yuk bangun karakter baik Si Kecil mulai dari sekarang.

Photo credit: commons.wikimedia.or

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

sitinafilah

sangat bermanfaat

DinahFitria_85

Sangat bermanfaat artikelnya.. Terima kasih

mama3d8

Menarik banget artikelnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved