Anak

Mengajarkan Si Kecil untuk Memaafkan

Berbicara itu memang mudah, tapi mengucapkan kata maaf merupakan hal yang sulit dilakukan. Terkadang untuk melakukan ini, kita akan terbendung oleh ego dan gengsi. Selain itu, kebanyakan orang menganggap kalau meminta maaf merupakan sebuah kekalahan yang memalukan.

Selain meminta maaf, ada satu lagi yang susah untuk dilakukan, yakni memberi maaf. Terkadang, walaupun dalam mulut kita sudah mengucapkan kalau anda menerima maaf seseorang, terkadang hati akan berkata lain. Untuk itu, kemampuan memaafkan dan meminta maaf layak untuk anda ajarkan sejak dini.

Cara mengajarkan anak memberi maaf dengan tulus

Sebagai orangtua, mau tidak mau anda harus memberikan pelajaran kepada si kecil untuk bisa memaafkan dengan tulus. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat si kecil ke depannya akan hidup dalam kelompok masyarakat, dan mereka akan lebih banyak bersosialisasi disana.

Cara yang pertama bisa anda tempuh untuk mengajarkan anak memberi maaf adalah dengan memberi contoh bagimana cara memaafkan dan menghilangkan dendam dari dalam hati si kecil. Kalau anda berbuat salah, cobalah untuk meminta maaf, kalau si kecil salah dan meminta maaf kepada anda, apresiasi sikap tersebut dengan memaafkannya dan memberikan pelukan hangat kepadanya.

Selain itu, ada juga beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk memberikan pengajaran kepada si kecil bagaimana cara memafkan.

  1. Ajari si kecil untuk memendam, cobalah untuk membicarakan masalah yang sedang diterimanya, dan ajarkan bagaimana cara aman untuk melampiaskan amarah dengan cara positif. Misalnya, si kecil boleh marah dengan mencoret-coret kertas atau berteriak di kamar mandi.
  2. Biasakan si kecil untuk berterus terang kepada orang yang membuatnya marah. Misalnya, dorong si kecil untuk meminta teman yang telah merusak mainan tersebut untuk membantu memperbaiki mainan itu.
  3. Ajarkan kepada si kecil untuk memaafkan dan melupakan apa yang telah diperbuat oleh temannya. Coba katakan kepadanya kalau dengan memaafkan, maka dia akan cepat terlepas dari perasaan marah dan menghilangkan dendamnya.
  4. Ajarkan si kecil untuk senantiasa berbuat baik kepada orang yang telah berbuat salah padanya. Walaupun ini sulit, tapi kalau dengan kemauan yang keras, anda pasti bisa melakukannya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

nice info

rinramawija

thanks ya infonya

anisa_elfaronsie

wow, info yg sangat bermanfaat sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved