Anak

Persiapan Mudik dengan Si Kecil Saat Lebaran

 

Memasuki bulan Ramadan, maka artinya waktu untuk mudik pulang kampung semakin dekat. Rasanya mudik menjadi satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas selama bulan Ramadan di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk keluarga Bunda juga.

Bisa mudik untuk pulang kampung dan bertemu keluarga besar di sana pastinya sangatlah menyenangkan. Perjalanan yang cepat dan nyaman pasti diinginkan semua orang. Untuk bisa mendapatkan hal itu, tentunya Bunda harus melakukan persiapan mudik terlebih dahulu agar semuanya berjalan lancar hingga sampai di kampung halaman, apalagi ketika mudik dengan si kecil.

Mudik dengan si kecil memang perlu perhatian lebih karena bisa ada masalah yang menimpanya di tengah jalan jika tidak ada persiapan yang baik. Untuk itu, di bawah ini ada persiapan mudik dengan si kecil saat Lebaran nanti.

Siapkan bantal dan selimut

Kenyamanan menjadi hal yang paling diperhatikan ketika mudik bersama si kecil. Maka dari itu, Bunda harus menyiapkan bantal dan selimut dari awal. Dengan adanya dua barang itu, si kecil bisa merasa nyaman selama perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Jadi, nantinya ketika ingin tidur, si kecil bisa memakai bantal. Ketika AC yang dipasang terlalu dingin, bisa menggunakan selimut. Hal inilah yang bisa membuat si kecil tidak rewel di tengah jalan dan Bunda juga bisa merasa nyaman juga nantinya.

Bawa baby carrier/seat

Selain menyiapkan bantal dan selimut, Bunda juga perlu membawa baby carrier atau baby seat jika memang si kecil masih memerlukan benda khusus itu. Dengan membawa baby carrier/seat, maka si kecil akan merasa nyaman sepanjang perjalanan, apalagi dia masih perlu perhatian lebih dari Bunda.

Membawa baby carrier/seat memang memiliki kesan ribet, tapi jika sudah digunakan, maka si kecil tidak akan rewel di tengah jalan. Jadi, jangan sampai Bunda melupakan kedua benda tersebut agar sepanjang perjalanan, perasaan senang dan nyaman bisa dirasakan oleh seluruh orang di mobil tersebut.

Membawa cemilan untuk si kecil

Persiapan lainnya untuk mudik dengan si kecil saat lebaran adalah membawa cemilan yang menjadi favorit si kecil. Di tengah jalan, pasti ada rasa lapar dan ingin ngemil, termasuk bagi si kecil. Untuk itu, Bunda sebaiknya menyiapkan camilan yang cukup banyak di dalam mobil sehingga ketika si kecil merasa lapar dan ingin makan, Bunda bisa memberikannya pada saat itu juga tanpa perlu berhenti di minimarket.

Namun, perlu diingat, Bunda jangan memberikan camilan terlalu banyak karena si kecil bisa merasa kekenyangan sehingga muncul masalah lainnya yang bisa mengganggu di tengah perjalanan yang cukup panjang.

Obat-obatan untuk pertolongan pertama

Seperti yang dituliskan di atas, perjalanan mudik biasanya memakan waktu yang cukup lama dan melelahkan juga. Akhirnya, ada saja masalah yang bisa melanda seperti mual dan pusing, khususnya yang menimpa si kecil. Agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat, Bunda jangan lupa membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama.

Obat untuk mual, pusing, sembelit, diare ,hingga masuk angin menjadi obat yang wajib dibawa, termasuk Minyak Telon Konicare. Untuk memberikan rasa nyaman yang lebih, Bunda bisa mengoleskan minyak telon ke tubuh si kecil agar sepanjang perjalanan, dia merasa nyaman dan bisa menikmati perjalanan tersebut.

 

Mudik menjadi aktivitas yang perlu dilakukan dengan persiapan yang matang. Sebaiknya Bunda mengikuti tips di atas agar perjalanan mudik yang menyenangkan bisa terasa hingga sampai di kampung halaman dan ketika pulang kembali.

 

Photo Credit: Pexels

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved