Anak

Ini Cara Terbaik yang Bisa Bunda Lakukan Jika Anak Susah Mandi

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, sering kali Si Kecil datang dengan tubuh yang kotor dan baju kumal tak karuan. Keringat serta debu dan kotoran yang menempel di tubuhnya harus segera dibersihkan. Sayangnya, menyuruh anak mandi bisa menjadi hal yang cukup melelahkan. Entah karena Si Kecil malas untuk melakukan aktivitas satu ini atau ia takut akan air yang dingin. Berikut cara terbaik agar Si Kecil mau mandi.

Mandikan dengan Air Hangat

Jika Si Kecil tidak mau mandi karena alasan takut air dingin, maka Bunda bisa memandikannya dengan air hangat. Apa lagi di musim hujan dengan suhu udara yang lebih dingin seperti sekarang ini. Jangan heran jika Si Kecil akan lebih memilih untuk tetap bermain di kamarnya daripada mandi dengan air dingin. Oleh sebab itu, rayulah Si Kecil dengan mandi menggunakan air hangat.

Pastikan Si Kecil Kenyang

Perut yang lapar bisa mempengaruhi tingkah lakunya. Si Kecil yang perutnya lapar akan membuatnya malas melakukan apapun. Oleh sebab itu, pastikan saat Bunda akan memandikannya, ia sudah merasa kenyang. Dengan begitu, Bunda akan lebih mudah mengajaknya mandi. Selain itu, pastikan juga ia tidak sedang dalam keadaan mengantuk karena jika sudah mengantuk, ia tidak akan mau mandi dan ingin untuk segera tidur.

 

Sediakan Mainan

Mainan bisa menjadi daya tarik kuat baginya. Bawalah mainan favoritnya ke kamar mandi. Tapi ingat, hanya bawa mainan yang anti air saja ya, Bunda. Dengan melihat mainan favoritnya di bak mandi yang sudah Bunda siapkan, ia pun akan senang hati masuk ke bak mandi untuk dimandikan. Dengan begitu, Bunda bisa lebih mudah mengalihkan perhatiannya ketika menyabun seluruh bagian tubuhnya. Si Kecil pun bisa mandi dengan senang.

Bujuk Anak dengan Menasihatinya

Tidak sedikit orang tua yang ketika membujuk anaknya untuk mandi, mereka justru menakut-nakutinya. Hal ini memang akan membuat Si Kecil takut sehingga ia akan segera mandi. Tapi, apakah cara terbaik ini akan selamanya ampuh? Daripada menakutinya, jauh lebih baik jika Bunda menasihatinya bahwa tubuh yang kotor bisa membuat kuman penyakit melekat di tubuhnya dan hal ini akan membuatnya jatuh sakit. Jika sudah jatuh sakit, ini akan membuatnya tidak bisa bermain dengan teman-temannya.

Bisa Juga Mengajaknya Berbicara Sambil Mandi

Untuk mengalihkan perhatiannya ketika mandi, selain dengan mainan, Bunda juga bisa melakukannya dengan mengajaknya bercerita. Tanyakan aktivitas apa saja yang dilakukannya bersama teman-temannya. Cerita yang seru akan membuatnya lupa ia sedang mandi dan Bunda bisa fokus untuk membersihkan seluruh tubuhnya. Selain itu, mengajaknya bercerita ketika mandi juga akan mempererat bonding Bunda dengannya.

Tidak sulit bukan untuk memandikan Si Kecil? Kini Bunda tak perlu bersedih jika Si Kecil susah mandi. Hal-hal di atas adalah cara terbaik yang bisa Bunda lakukan. Selamat mencoba!

Photo credit: nadeem1991 (pixabay.com)

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ifadatun

kaya aku bangettt... apa yang ada di kamar mandi dimasukin semua diember si ade

sitinafilah

makasih infonyaa

ani

Terima kasih artikelnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved