Anak

Cara Mudah Mengajarkan Anak Membaca

Ketika memasuki usia Taman Kanak-kanak, anak mulai diajarkan untuk dapat mengenal angka,  mengenal huruf, membaca dan menulis. Tidak semua anak memiliki minat membaca dan mampu belajar membaca dalam waktu singkat, untuk itu jangan memaksa anak belajar membaca dan jangan membandingkannya dengan anak lain. Cara mengajari anak membaca merupakan suatu hal yang sangat perlu diperhatikan, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak semangat belajar dan mengulang pelajaran.

 


1. Sambil bernyanyi

Belajar mengenal huruf dan membaca dapat dilakukan sambil bernyanyi dan menggerakkan tubuh, selain membuat anak lebih mudah mengingat dan menghapal huruf-huruf  dari A hingga Z, belajar membaca sambil bernyanyi dapat menciptakan suasana yang riang gembira dan tidak membuat anak mudah bosan.


2. Sambil bermain

Ibu dapat membuat sendiri permainan yang dapat membantu memudahkan anak belajar membaca, misalnya dengan membuat huruf-huruf dari karton. Buatlah huruf dengan ukuran yang agak besar bersama anak, mintalah anak membantu menggunting, kemudian letakkan huruf-huruf tersebut diantara mainan yang biasa dimainkan anak. Setelah selesai, sambil menemani anak bermain ibu dapat meminta anak mengulang kembali kalimat apa yang dihasilkan dari rangkaian huruf yang dia gunting


3. Sambil bercerita

Buatlah cerita sederhana dari huruf dan gambar yang dibuat sendiri atau bisa juga dari buku cerita bergambar yang sudah ada. Pilihlah buku cerita bergambar yang disukai anak, tanyakan pada anak karakter apa yang paling disukai didalam buku tersebut dengan begitu anak bukan hanya menghapalkan huruf yang ada di buku tetapi juga seperti ikut merasakan menjadi salah satu bagian dalam buku cerita bergambar tersebut.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

ok

hennysus0890

thx bun

imroatul_mufidah

cerita is best

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved