Anak

Serba Serbi Alergi Pada Buah Hati

Sebagai orang tua, mendapati Buah Hati memiliki alergi pasti terasa tidak mudah ya, Bun. Tapi suka bingung gak, kok bisa ya Buah Hati terkena alergi? Perlu diketahui, alergi dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali si Kecil. Namun tidak semua anak akan terkena alergi, beberapa anak mungkin memiliki kulit sensitif sejak lahir, namun ada juga faktor risiko lain diantaranya adalah adanya riwayat alergi dalam keluarga. 
 
Alergi dapat terjadi akibat gabungan antara faktor lingkungan dan riwayat keluarga. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa bersin, gejala saluran cerna seperti muntah dan diare sampai ruam merah pada kulit yang mengakibatkan Buah Hati menjadi rewel dan juga menangis. Agar Bunda bisa segera mengambil langkah tepat saat Buah Hati mengalami alergi, coba kenalan dengan jenis-jenis alergi pada Buah Hati yuk!

Alergi Makanan

Alergi makanan pada anak biasanya muncul akibat mengkonsumsi makanan tertentu yang mengandung protein seperti telur, susu dan kacang-kacangan. Reaksi yang timbul dari alergi ini biasanya bersifat ringan, namun sangat penting juga bagi Bunda untuk mengetahui cara mencegah dan meredakan reaksi alergi yang muncul pada Buah Hati. Untuk mendeteksinya, Bunda harus mengetahui riwayat alergi keluarga dan menghindari memberikan makanan yang menyebabkan alergi.

Alergi Musiman

Pada musim tertentu biasanya Buah Hati rentan terkena alergi ini. Alergi musiman terjadi akibat reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh sehingga menimbulkan gejala seperti bersin, batuk sampai mata berair. Alergi ini juga bisa menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh seperti biduran dan eksim. Untuk mengurangi dampak alergi musiman, Bunda bisa membersihkan rumah secara teratur serta menggunakan alat untuk mengurangi kelembaban udara. Pastikan juga untuk selalu mengganti pakaian saat habis keluar rumah.

Alergi Dalam Ruangan

Mungkin Bunda merasa bahwa rumah adalah tempat yang steril, namun ternyata Buah Hati juga bisa terkena alergi di dalam ruangan. Alergi dalam ruangan biasanya dikarenakan debu, jamur dan hewan-hewan kecil. Gejala yang timbul biasanya hampir sama seperti alergi musiman seperti pilek, batuk, ruam sampai gatal-gatal. Nyatanya tidak ada alat atau bahan apapun yang dapat membasmi alergi dalam rumah untuk selamanya. Namun jika Bunda dan keluarga rutin menjaga kebersihan rumah, bisa meminimalisir terjadinya alergi pada si Kecil.
 
Alergi pada Buah Hati terjadi akibat sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna, karena ia masih beradaptasi dengan asupan yang dikonsumsi serta lingkungannya. Mengobati alergi juga umumnya tergantung pada jenis alergi yang dialami. Namun untuk membantu mengurangi rasa gatal akibat alergi pada tubuh Buah Hati, Bunda bisa mengoleskan Konicare Gel Pengurang Gatal yang aman di kulit Buah Hati karena  mengandung bahan alami ekstrak Bunga Hammamelis/ Witch Hazel. Bentuk gelnya cepat meresap, memberikan rasa sejuk sehingga ia merasa nyaman. Konicare Gel Pengurang Gatal bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa lho, cocok untuk seluruh keluarga. Jika Buah Hati mengalami gejala alergi yang membahayakan, jangan ragu untuk segera bawa ke dokter untuk mendapat diagnosa yang tepat ya, Bun.
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Elizabethamora

terimakasih

Nurina_Vidyayanti

terima kasih infonya

Elizabethamora

thanks

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved