Anak

Mitos & Fakta Olahraga Renang Bisa Menambah Tinggi Badan

Renang adalah olah raga favorit yang biasa disukai anak-anak. Selain itu orang tua juga berperan penting memilih olahraga ini untuk anak-anaknya. Selain untuk kesehatan, olah raga ini banyak dipercaya menjadi cara untuk menambah tinggi badan si kecil. Benarkah seperti itu?

Faktanya:

Renang dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga dapat membantu anak untuk bertambah tinggi. Olah raga ini juga bisa memicu hormon pertumbuhan bekerja lebih baik agar si kecil terus bertambah tinggi. Berenang hanya salah satu dari sekian banyak olahraga yang dapat dilakukan si kecil dengan manfaat yang sama.

Pertambahan tinggi badan anak tidak hanya dipicu oleh aktivitas renang. Hal lain yang lebih menentukan dalam urusan tinggi badan adalah faktor genetik atau keturunan. Jika tinggi badan anda dan pasangan biasa-biasa saja maka besar kemungkinan tinggi badan si kecil pun biasa-biasa saja. Begitu pula sebaliknya. Jika tubuh anda tinggi semampai si kecil cenderung memiliki postur tubuh demikian.

Hal lain yang dapat memicu pertumbuhan tinggi anak adalah nutrisi yang baik. Anak yang mendapatkan nutrisi memadai dan seimbang cenderung tumbuh secara optimal. Jadi meskipun anak sering berenang tapi pola makannya buruk, tinggi badannya tetap tidak akan bertambah. Istirahat juga menjadi syarat penting bagi tumbuh kembang anak. Tubuh akan menjadi lebih tinggi dan bertambah besar pada saat ia beristirahat. Untuk itu, pastikan pola tidur si kecil cukup sehat.

Dengan kenyataan tersebut bukan berarti Anda tidak perlu mengenalkan olah raga renang sejak dini pada anak. Banyak sekali loh, manfaat renang selain menambah tinggi badan. Pada anak-anak yang mempuyai riwayat asma atau sudah menderita asma, berenang dapat membantu melatih paru-parunya. Berenang juga dapat menjadi sarana yang efektif bagi anak untuk bersosialisasi, melatih keberanian, dan mengenal lingkungan baru.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ani

Genetis Dan gizi yg terutama

nira_riestia_rahayu969

semuanya kembali lagi ke faktor genetis

Merry

wah anak saya suka sekali berenang sampai saya les-in dan emg fakta setelah rutin renang badan nya jd lebih berisi

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved