Anak

Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Orang tua memiliki peran serta pengaruh yang penting jika sudah berkaitan dengan tumbuh kembang seorang anak. Banyak aspek-aspek yang dipengaruhi seperti dari segi sosial, karakter, fisik, emosi, maupun intelektual anak. Kebanyakan orang melihat bahwa dengan anak lebih banyak waktu diasuh oleh sang Bunda, maka yang memiliki pengaruh cukup besar adalah didikan dari seorang Bunda. Namun sebenarnya, tidak hanya dari Bunda, seorang Ayah pun juga memiliki peran penting dalam mendidik dan mengasuh anak. Ada beberapa hal yang bisa anak rasakan dalam tumbuh kembangnya jika mendapatkan pengasuhan dari Ayah-nya, seperti:

 

1. Membuat anak lebih percaya diri

Kasih sayang yang diberikan oleh seorang Ayah mampu memberikan rasa bahwa si kecil berharga untuk orang tuanya. Dengan rasa berharga ini, anak bisa memunculkan rasa percaya diri yang lebih. Rasa percaya diri yang tinggi mampu mendorong anak lebih menghargai serta mencintai dirinya sendiri. Selain itu, dampak lainnya adalah anak lebih mudah bersosialisasi.

 

2. Menjaga kesehatan mental dan emosi

Keterlibatan Ayah secara langsung dalam aktivitas anak setiap hari bisa membantu menjaga kestabilan mental maupun emosi mereka. Hal ini memperlihatkan seberapa pentingnya seorang Ayah harus memiliki kedekatan yang cukup kuat. Selain menjaga mental serta emosi yang lebih sehat, kedekatan hubungan Ayah anak ini mampu membuat si kecil lebih mudah mengontrol emosi pada saat menginjak umur dewasa nantinya.

 

3. Memberikan pengalaman main yang berbeda

Hal ini bisa berkaitan dengan bagaimana cara orang tua dalam memilih permainan. Walaupun tidak semuanya, tetap ada saat dimana Bunda akan lebih memilih aktivitas yang terbilang aman. Di lain sisi, biasanya seorang Ayah akan mengajak sang anak untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan fisik, kompetisi, dan rintangan. Penting untuk anak merasakan keduanya karena mereka bisa mencoba banyak hal dengan lebih seimbang.


4. Membentuk kepribadian

Kepribadian seorang anak dibentuk sejak mereka masih kecil. Sehingga, dalam waktu ini lah seorang Ayah memiliki peran yang penting. Dengan seorang Ayah yang selalu terlibat dalam kehidupan sang anak, hal ini secara perlahan mampu membentuk kepribadian serta karakter untuk dewasanya nanti. Pembentukan karakter serta kepribadian sejak dini akan memiliki dampak yang baik untuk anak.

 

5. Memberikan rasa aman

Kehadiran seorang Ayah mampu memberikan rasa aman dan terlindungi bagi seorang anak. Perasaan terlindungi ini tidak hanya dalam situasi buruk, tetapi bisa juga pada saat anak sedang bermain. Bentuk perlindungan yang diberikan akan memberikan rasa aman serta membuat anak lebih merasa bebas dalam melakukan aktivitas mereka.

 

Di atas merupakan beberapa hal yang bisa memperlihatkan seberapa pentingnya peran Ayah dalam hal tumbuh kembang anak. Sehingga, dalam mengasuh anak, semua hal tidak harus dimulai dari Bunda saja. Seorang Ayah juga bisa memulai segala sesuatunya serta lebih memiliki peran banyak dalam kegiatan sehari-hari si kecil. Dengan keterlibatan secara langsung, anak akan merasa memiliki kedekatan yang lebih pada seorang Ayah. Sehingga hal ini akan berdampak baik dalam proses tumbuh kembangnya. Untuk menemani aktivitas anak setiap harinya, jangan lupa untuk selalu gunakan Konicare Minyak Telon Plus yang terbuat dari bahan alami pilihan dan mampu memberikan rasa hangat pada tubuh bayi, mencegah masuk angin dan perut kembung serta melindungi dari gigitan nyamuk efektif selama 8 jam. Wanginya lembut alami tanpa tambahan parfum, wangi bayi banget.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Yiyin_29

Info yg bermanfaat

ananoer

siipp

MelodyNauli02

mantabbb

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved