Anak

Pentingnya Mengajarkan Buah Hati Mandi Sendiri

Salah satu aktivitas yang rutin dikenalkan kepada Buah Hati sedari kecil adalah mandi. Pada tahun pertamanya, kegiatan mandi si Kecil pastinya dilakukan oleh Bunda, tapi saat ia mulai beranjak besar gak ada salahnya Bunda mengajarkan si Kecil untuk bisa mandi sendiri.

Sebenarnya tidak ada usia khusus mengajarkannya, namun pada usia 3 sampai 5 tahun biasanya anak sudah mulai ingin bisa melakukan banyak hal sendiri salah satunya adalah mandi. Walau terkadang masih ragu membiarkannya mandi sendiri, namun nyatanya hal ini harus diajarkan juga kepada si Kecil sedari dini. Lalu cara seperti apa yang tepat untuk mengajarinya? Simak informasinya dibawah ini :

Berikan Contoh dan Manfaat Mandi

Untuk dapat mandi sendiri, Buah Hati pasti butuh berlatih. Ajari Buah Hati cara mandi yang tepat bukan hanya sekadar menyiram dan membuat tubuhnya basah ya, Bun. Untuk memulainya Bunda bisa memberikannya contoh dengan cara menunjukkannya langsung serta memberikannya instruksi langkah mandi yang sesuai urutan. Dengan membiasakan si Kecil mandi sendiri, lama-lama ia akan terbiasa dan mengingat panduan waktu mandi yang tepat.

Fasilitasi Anak Dengan Wangi & Mainan Favoritnya

Agar Buah Hati belajar mandi sendiri, fasilitasi lah ia dengan sabun dan shampo favoritnya. Bunda juga bisa melengkapi dengan barang atau mainan yang ia sukai agar belajar mandinya semakin fun. Sebelum si Kecil mandi, pastikan Bunda sudah membersihkan secara rutin lantai atau bak mandinya serta menggunakan alas anti slip untuk menambah keamanan serta mengurangi risiko si Kecil terjatuh pada saat mandi.

Tetap Beri Pengawasan

Bagaimanapun si Kecil pasti belum siap untuk sepenuhnya ditinggal begitu saja. Dampingilah ia di masa awal belajar mandi sendiri sekaligus memastikan ia mandi dengan aman. Jangan memarahinya jika pada awal ia belajar akan menghabiskan air dan sabun lebih dari biasanya, pahamilah bahwa si Kecil butuh waktu untuk bisa mandi dengan baik. Jika dirasa sudah siap mandi sendiri, Bunda bisa memberikannya ia privasi untuk mandi dan tak perlu ditunggui lagi.

Sebagai orang tua, tugas Bunda dan Ayah adalah mengingatkan dan mengajarkan Buah Hati  pentingnya membersihkan diri dengan cara mandi. Untuk menjaga tubuhnya dari rasa dingin dan masuk angin setelah belajar mandi sendiri, Bunda bisa dengan sigap mengoleskannya Konicare Minyak Kayu Putih Plus ke tubuhnya. Sensasi hangatnya membuat si Kecil merasa nyaman dan makin semangat deh belajarnya. Bunda di rumah punya pengalaman mengajarkan Buah Hati mandi sendiri? Share ya                      
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Hafiza_kamila_putri

terimakasih banyak atas informasinya

Triana

Kadang inisiatif untuk mandi sendiri si kakak

MomyhAmy

Terima kasih Konicare untuk share info bermanfaat nya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved