Anak

Mempersiapkan Si Kecil Sebelum Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Tahun 2018 ini, anak sekolah mendapatkan jatah libur yang sangat banyak karena bertepatan dengan libur lebaran. Liburan dimulai saat puasa dan akan berakhir pada pertengahan Juli mendatang. Nah karena hari masuk sekolah kurang 2 minggu lagi, sekarang kita akan mencoba membahas apa saja sih persiapan Si Kecil sebelum masuk sekolah setelah libur panjang.

Ini penting Bunda lakukan, karena biasanya Si Kecil akan merasa malas akibat libur terlalu panjang atau terkadang ada Si Kecil yang tidak produktif ketika liburan. Di masa 2 minggu sebelum masuk sekolah ini, Bunda masih bisa melakukan hal-hal berikut ini. Simak ya Bunda.

 

Mulai bicara mengenai keseruan sekolah dan teman-temannya

Jika Bunda memiliki anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak atau berumur kurang dari 9 tahun, biasanya mereka akan masih suka main-main. Apalagi ketika liburan, dia akan bermain setiap hari dan bahkan lupa bahwa dirinya akan kembali sekolah. Nah ketika sekolah kurang 2 minggu, Bunda dan keluarga bisa mulai bercerita mengenai keseruan sekolah dan teman-temannya.

Mulai dari bagaimana permainan yang akan diajarkan di sekolah, lalu bercerita tentang nama teman-temannya di sekolah. Dengan begini, Si Kecil akan sedikit bosan di rumah dan ingin segera sekolah, Si Kecil juga akan semangat belajar.

 

Membeli perlengkapan sekolah bersama

Cara kedua ini akan membuat Si Kecil semangat kembali berangkat sekolah, yaitu membeli perlengkapan sekolah bersama-sama. Membeli perlengkapan sekolah ini memang sesuatu yang dinantikan oleh Si Kecil, karena mereka bisa memilih buku tulis, pensil, tas, atau buku gambar sesuai dengan kesukaannya. Dengan begini Si Kecil akan semangat kembali untuk sekolah.

Walaupun begitu, Bunda juga harus membatasi pembelian perlengkapan sekolah baru ya. Misalnya jika sepatu atau tas Si Kecil masih bisa dipakai, Bunda bisa mengajak membeli buku tulis atau pensil. Karena tidak semua perlengkapan sekolah harus baru, itu juga bisa mengajarkan Si Kecil untuk menyayangi barang-barangnya.

 

Ajak Si Kecil bermain dengan teman sekolahnya

Selanjutnya kita akan membahas cara ketiga, yaitu ajak Si Kecil bermain bersama teman-teman sekolahnya. Misalnya jika ada tetangga Bunda yang juga teman sekolah Si Kecil, Bunda bisa mengajak mereka bermain bersama. Ini akan membuat Si Kecil merasa kangen dengan suasana sekolah dan saat bermain bersama. Jika teman sekolah Si Kecil berada jauh dari rumah, Bunda bisa mengatur pertemuan di sebuah pusat perbelanjaan atau taman bermain.

 

Antar Si Kecil

Nah setelah melakukan persiapan di atas, terakhir Bunda bisa mengantar Si Kecil pergi ke sekolah. Pada hari pertama memang sangat berat, karena Si Kecil harus bangun pagi jadi Bunda bisa mengantarkannya pergi sekolah. Tetapi ingat ya Bunda, jika Si Kecil ingin diantarkan sampai depan gerbang sekolah Bunda harus menurutinya, itu tandannya Si Kecil mulai mandiri.

Nah, jangan lupa oleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus tiap pagi sebelum berangkat untuk menjaga Si Kecil tetap hangat sehingga terhindar dari kembung dan masuk angin. Semoga persiapan Si Kecil menghadapi masuk sekolah lancar ya Bunda.

 

Photo credit: pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

maya_nurmaelasari09

selalu bersemangat membaca artikel dr aplikasi bunda konicare krn menambah ilmu dn wawasan sy:)

mama3d8

Artikelnya menarik thx u konicare

DinahFitria_85

Nice artikel. Pas banget anakku tahun ini mau masuk TK

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved