Anak

Manfaat Lagu Anak Bagi Perkembangan Si Kecil

Saat si kecil sedang berada pada usia pertumbuhan, Bunda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk mendukung perkembangan si kecil, baik itu terkait pendidikan si kecil hingga kesehatannya. Salah satu cara untuk mendukung tumbuh-kembang si kecil ada dengan mengenalkan lagu anak kepada mereka. Jika Bunda tidak memiliki banyak alternatif lagu anak berbahasa Indonesia, Bunda bisa mencoba untuk memperdengarkan lagu anak berbahasa asing. Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh lagu anak bagi perkembangan si kecil.

Melatih kemampuan berkomunikasi

Dengan menyanyikan atau memutarkan lagu anak pada si kecil sejak dini, Bunda sedang membantu si kecil melatih kemampuannya berkomunikasi, terutama dalam memahami konteks lagu dan mengenal kosakata. Lagu anak memiliki lirik yang sederhana sehingga akan lebih mudah diingat dan dikenali oleh si kecil.

Medium pembelajaran efektif

Tidak hanya liriknya yang mudah dipahami oleh si kecil, lagu-lagu anak juga memiliki pesan moral yang baik untuk pembangunan karakter mereka. Ada banyak nasihat hal-hal edukatif lainnya yang baik bagi perkembangan si kecil. Bunda bisa menggunakan lagu anak sebagai medium komunikasi orangtua yang efektif untuk mengajarkan teladan serta kebiasaan baik bagi si kecil.

Beberapa guru bahkan dengan begitu kreatif, membuat sendiri lagu anak untuk dinyanyikan bersama di dalam kelas agar membantu si kecil lebih mudah mengingat pelajaran yang ia dapatkan di sekolah. Nah, Bunda, ini juga bisa ditiru untuk membantu si kecil saat belajar di rumah.

Menjadikan anak lebih ekspresif

Beberapa lagu anak juga berisi cerita atau kisah. Dari sini si kecil akan dikenalkan dengan berbagai jenis emosi yang ada, apakah itu sedih, gembira, marah, atau yang lainnya. Oleh sebab itu, lagu anak yang didengarkan si kecil atau Bunda nyanyikan secara tidak langsung bisa melatih diri si kecil untuk jadi lebih ekspresif. Jika si kecil bisa lebih terbuka dalam mengutarakan perasaannya, Bunda akan lebih mudah untuk lebih memahami perasaan si kecil dan membantu saat ia kesulitan dalam proses perkembangannya.

Mengembangkan sisi kreatif anak

Tidak menutup kemungkinan, dengan mendengarkan lagu-lagu anak, sang buah hati sendiri jadi tertarik dengan bidang musik atau seni. Anak-anak di usia pertumbuhan memang cenderung lebih semangat dan antusias untuk mencoba hal-hal baru. Hal ini juga bisa dijadikan kesempatan bagi si kecil untuk mengeksplorasi bakat serta minatnya.

Lagu-lagu anak bisa memicu sisi dan kemampuan kreatif si kecil sejak dini. Beberapa lagu anak juga mungkin memicu pertanyaan dari si kecil. Jika itu terjadi, Bunda jangan halangi, ya. Ini berarti si kecil sedang berusaha menelaah dan mencoba memahami sesuatu. Tugas Bunda justru harus bisa memfasilitasi rasa ingin tahu tersebut.

Selain itu saat Bunda menyanyikan sendiri lagu anak bagi si kecil, bisa jadi medium interaksi yang positif untuk mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. Itu dia manfaat lagu anak bagi perkembangan si kecil. Jadi, yuk mulai cari lagu-lagu anak yang cocok didengarkan oleh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan ini!

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Siti

Masya Allah sangat bermanfaat artikel nya

rahmat

makasih informasinya

imasjepry20

siip

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved