Anak

Life Skill yang Perlu Diajarkan pada Anak

Seberapa sering Bunda melibatkan buah hati dalam melakukan tugas sehari-hari di rumah? Dengan melibatkan anak dalam setiap kegiatan yang dilakukan, Bunda sudah melatih anak untuk bisa memiliki life skill sejak dini. Untuk Bunda yang masih asing dengan istilah tersebut, Life skills adalah keterampilan hidup yang biasa kita lakukan sehari-hari dan akan dilakukan sepanjang hidup. Selain itu, dengan menanamkan ilmu ini sejak usia dini, anak-anak lebih memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta lebih mampu untuk bersikap secara positif. Tidak perlu sesuatu hal yang rumit, Bunda bisa mengajarkan dari hal sederhana seperti membuat anak memilih apa yang mereka inginkan, mengajak anak untuk membersihkan peralatan main, serta memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan. Ada beberapa life skill yang perlu Ayah dan Bunda ajarkan kepada anak, seperti:


  1. Kemandirian
    Kemandirian secara tidak langsung akan mengajari anak untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Dengan membiasakan anak melakukannya sendiri, anak akan lebih mampu berpikir kritis dan akan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Selain itu, kemandirian ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap setiap tindakan yang dipilih oleh anak.

  2. Berbagi
    Kegiatan ini bisa menjadi suatu hal mulia karena membuat orang lain merasa terbantu dengan apa yang kita lakukan. Dengan berbagi dengan teman-temannya, si kecil akan belajar bahwa tidak semua hal yang dimiliki hanya boleh untuk diri sendiri saja. Berbagi sendiri juga akan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama serta menumbuhkan rasa bahagia satu sama lain.

  3. Empati
    Dengan diajarkan berempati, anak akan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Ia juga bisa memahami bagaimana sikap dan keputusannya berpengaruh terhadap diri sendiri dan juga teman-teman di sekitarnya. Mengajarkan anak berempati akan membuat anak berkembang menjadi sosok dengan pola pikir yang menolak permusuhan dan kekerasan.

  4. Disiplin
    Melatih kedisiplinan akan membantu anak mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik. Jika kedisiplinan ini sudah menjadi kebutuhan maka hal ini akan terus dibawa sampai mereka dewasa nanti. Seorang anak yang disiplin diharapkan dapat memiliki rasa tanggung jawab dan memecahkan masalah dengan baik, cepat, dan mudah.

  5. Bagaimana cara merawat diri sendiri
    Hal ini penting diajarkan pada anak karena akan melatih mereka agar anak lebih memahami apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Menjaga kebersihan, menyiapkan keperluan, serta menyiapkan makanannya sendiri. Hal-hal ini berkaitan erat dengan merawat diri sendiri dimana perlu diajarkan sejak dini agar kedepannya diharapkan hidup sang anak lebih tertata.

 

Masih banyak lagi life skill yang bisa diajarkan kepada anak untuk bekalnya kelak. Salah satu hal yang perlu diingat adalah Ayah dan Bunda tidak akan selalu bisa menemani anak di setiap saat, sehingga penting untuk anak untuk bisa melakukan segala hal. Life Skill ini bisa menjadi bekal yang orang tua berikan agar ia tumbuh dan berkembang sebagai anak mandiri dan bisa mengandalkan diri sendiri. Untuk menemani si kecil beristirahat setelah seharian lelah beraktivitas bersama, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus ke seluruh tubuh buah hati. Dengan rasa hangat dan wanginya yang menenangkan akan membuat istirahat anak terasa lebih nyaman. Selain itu juga anak akan terlindungi dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Menurut Bunda, apa life skill yang paling penting dimiliki buah hati?

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

treeika

wah Bagus artikelnya

Naya

makasih infonya konicare

cicah

terima kasih atas informasinya konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved