Anak

Tips Ajarkan Buah Hati Mengenal Puasa

Satu kewajiban orang tua yang beragama muslim adalah mengajarkan Buah Hati untuk berpuasa. Mengajarkannya berpuasa sejak dini sangat penting, agar saat dewasa si Kecil dapat mengerti dan bisa menjalankannya dengan baik. Untuk mengajarkannya puasa itu sangat tidak mudah, namun bagi Bunda dan Ayah yang ingin memberikan stimulasi dengan mengajarkannya mengenal berpuasa bisa menyimak tips berikut ini ya :

Mengajarkan Makna Berpuasa

Hal yang terpenting bagi orang tua saat mengajarkan si Kecil berpuasa pertama kali adalah dengan mengajarkannya makna berpuasa. Bunda bisa mulai dengan menjelaskan maksud dan manfaat dari berpuasa dengan cara yang menyenangkan. Setelah itu, Bunda bisa memberikan contoh dengan melakukan sholat lima waktu, berpuasa secara rutin dan sampai bangun dini hari untuk sahur. Dengan begini si Kecil akan penasaran sehingga akan lebih mudah bagi si Kecil untuk mengikutinya, karena di usia tersebut anak bisa dengan mudah untuk meniru segala perilaku orang di sekitarnya.

Awali Dengan Puasa Setengah Hari

Setelah Bunda menjelaskan tentang makna berpuasa, kini Bunda bisa mengajarkan si Kecil untuk mulai menjalani puasanya. Agar si Kecil tidak kaget menjalaninya, Bunda bisa mengajarinya secara bertahap dan menjalani puasa dimulai dari setengah hari. Jika si Kecil sudah terlihat siap, Bunda bisa menambahkan jam berpuasanya. Namun perlu diingat ya Bun, agar tidak memaksakannya sebulan penuh karena perlu disesuaikan juga dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Siapkan Makanan Sahur atau Berbuka Favoritnya

Mengajarkan si Kecil berpuasa pastinya tidak terlepas dari mengajarkan pentingnya sahur dan berbuka dengan asupan gizi yang penting untuk pertumbuhannya. Sebagai orang tua, ini menjadi PR bagi Bunda untuk selalu menyiapkan dan memastikan si Kecil mengkonsumsi makanan seimbang. Untuk memotivasinya karena sudah mau belajar berpuasa, sesekali Bunda bisa menyiapkan juga makanan favorit si Kecil saat berbuka. Libatkan juga si Kecil dalam pemilihan menu sahur atau berpuasa dan proses persiapannya agar menambah motivasinya dalam menyelesaikan ibadah puasanya

Dalam agama Islam memang tidak mengharuskan anak-anak dalam berpuasa, tapi untuk mengajarkan si Kecil berpuasa sejak dini tidak ada salahnya kok, Bun. Agar Bunda tetap tenang saat mengajarkan si Kecil berpuasa, Bunda bisa mengoleskan tubuhnya Konicare Minyak Kayu Putih Plus sebelum tidur malam dan juga sehabis sahur. Memberikan kehangatan dan juga perlindungan selama ia belajar berpuasa dan menjaganya dari masuk angin dan perut kembung.

Itulah beberapa tips untuk mengajari si Kecil berpuasa. Jangan lupa selalu pastikan si Kecil terpenuhi kebutuhan gizinya selama berpuasa. Sebagai tambahan motivasi, gak ada salahnya Bunda memberikan si Kecil apresiasi agar ia semakin semangat berpuasa. Tidak harus hadiah, Bunda bisa mengucapkan selamat atau memuji usaha si Kecil. Jadi, usia berapa Bunda mengajarkan si Kecil berpuasa?
 

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved