Anak

5 Langkah Mudah Menidurkan Anak

Anda pernah punya kendala atau bahkan mengalaminya secara langsung, susah membuat/menidurkan anak, baik saat tidur siang, atau bahkan pada saat malam hari? Hal ini terkadang membuat Anda merasa kesal atau menyerah terhadap kelakuan anak yang sulit saat waktunya dia tidur.

Kebutuhan tidur anak berbeda-beda, pada umumnya ditentukan dari umur masing-masing anak, seperti: anak balita/bayi yang membutuhkan antara 16-20 jam per hari (termasuk pemberian susu), 6 bulan – 1 tahun membutuhkan 11 jam tidur (termasuk 2 jam tidur disiang hari), dan 1 tahun keatas umumnya membutuhkan 10-13 jam tidur.

Berikut tips dan 5 langkah sederhana menidurkan anak yang Anda butuhkan:

1. Buat kebiasaan

Buat sebuah jadwal tidur untuk anak Anda, lakukan jadi sebuah kebiasaan. Dengan teraturnya jam anak tidur, maka kebiasaan akan tumbuh dengan sendirinya.

2. Ciptakan kenyamanan

Pelan-pelan elus atau garuklah punggung anak Anda. Kebiasaan ini menurut sejumlah ahli anak dapat memberikan rasa nyaman dan mempercepat tidur buah hati Anda.

3. Ciptakan kesunyian

Beberapa gangguan tidur seperti suara, menjadi penyebab tidak bisa tidurnya buah hati Anda. Pastikan Anda memperhatikan kondisi suara di sekitar, seperti bunyi televisi, radio, atau yang lainnya yang mengganggu situasi tidur.

4. Ijinkan membawa mainan kesayangan

Berada di dekat mainan kesayangan seperti: boneka, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Bagi sebagian anak hal ini bisa membawa ketenangan dan kenyamanan, termasuk menemani tidurnya.

5. Nyanyikan lagu

Cobalah untuk menyanyikan lagu yang sedikit santai, dengan nada pelan. Beberapa riset kesehatan anak mengatakan hal ini semacam terapi hipnotis ringan yang akan membuat anak Anda tertidur lelap.

Punya cara lain yang lebih efektif? Yuk share dengan kami dalam kolom komentar dibawah ini!

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

tetep susah sih kalau bsbyku..tp mungkin lama2 bisa

Irvia0404

cocok

RestuNusra

selaluu

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved