Anak

5 Kebiasaan Buruk yang Jadi Penyebab Flu di Musim Hujan

Flu bisa dikatakan sebagai penyakit langganan saat musim hujan. Banyak orang yang mengira bahwa flu hanya bisa datang jika kedinginan atau kehujanan, padahal sebetulnya ada begitu banyak penyebab flu yang patut dihindari. Beberapa di antaranya justru datang dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sering Bunda atau si kecil lakukan. Berikut ini 5 di antaranya.

Malas cuci tangan

Bunda, mencuci tangan harus wajib dilakukan sesering mungkin supaya tubuh terhindar dari infeksi virus, salah satunya adalah virus influenza. Biasanya, orang-orang yang malas mencuci tangan dan suka menyentuh wajah sering terkena penyakit flu ini. Kebiasaan buruk inilah yang menjadi penyebab flu semakin tersebar luas, lewat kontak fisik, droplets saat berbicara, bersin, dan lain sebagainya.

Nah, Bunda juga perlu senantiasa mengajarkan si kecil untuk rajin cuci tangan sehabis memegang objek umum, sebelum makan, sesudah makan, sebelum menyentuh wajah, dan setiap kali tangan kotor. Ajarkan juga cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air mengalir, yakni sekurang-kurangnya selama 20 detik.

Sering memakai baju tipis

Penyebab flu yang sering diabaikan banyak orang adalah memakai baju tipis padahal cuaca sedang dingin. Apakah Bunda termasuk salah satunya? Kecenderungan orang Indonesia yang memakai baju tipis memang bukan tanpa alasan. Ada beberapa orang yang menganggap baju tipis lebih adem, cocok untuk iklim tropis Indonesia, namun ada juga yang memakai baju tipis atas dasar fashion. Apapun itu sebabnya, sebaiknya Bunda dan si kecil memakai outer tambahan setiap kali bepergian, ya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengoleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus sehabis mandi dan sebelum bepergian supaya tubuh tetap hangat sekaligus terhindar dari gigitan serangga. Konicare Minyak Kayu Putih Plus juga dapat menghangatkan dan melegakan saluran pernafasan lho Bun. Hebatnya lagi, Konicare Minyak Kayu Putih Plus tersedia dalam kemasan botol 30 ml yang sangat praktis dibawa ke mana pun Bunda pergi.

Mengabaikan olahraga

Penyebab flu yang paling umum adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini pun bisa dikarenakan banyak hal, mulai dari kondisi tubuh yang terlalu letih bekerja, kurangnya asupan vitamin, hingga jarang berolahraga. Nah, Bunda perlu tahu kalau olahraga bukan hanya untuk membentuk tubuh saja, tetapi juga berperan besar dalam imunitas tubuh kita.

Saat Bunda aktif bergerak, otomatis peredaran darah dan distribusi oksigen semakin lancar. Organ-organ dalam tubuh pun bisa bekerja dengan lebih optimal. Terlebih lagi, aktif bergerak menyebabkan sirkulasi sel darah putih yang lebih cepat, sehingga bisa sesegera mungkin menangkan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh. Olahraga minimal 3x dalam seminggu selama 20 menit sangat dianjurkan, nih, supaya Bunda dan keluarga bisa terhindar dari penyebab flu lainnya.

Kurang istirahat dan dehidrasi

Terlalu banyak bergerak juga tidak baik, lho! Saat tubuh merasa letih, entah itu karena bekerja seharian atau aktivitas lainnya, tubuh pun harus segera beristirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Bagi orang dewasa, diharuskan untuk tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Namun karena kesibukan, tidak jarang juga yang tidur di bawah anjuran 7 jam.

Jangan terlalu membiasakan diri untuk begadang karena ini juga jadi penyebab flu yang harus Bunda hindari. Tubuh harus dibiasakan untuk tidur sebelum jam 12 dini hari untuk bisa mendapatkan 7 jam tidur setiap malam. Lalu, jangan lupa juga penuhi kebutuhan hidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup, terutama jika Bunda atau si kecil sering keringatan. Disarankan untuk minum 2 liter air putih per hari, atau setara dengan 8 gelas air.

Terlalu sering naik lift

Apa hubungannya naik lift dengan penyebab flu? Bagi Bunda yang bekerja di gedung perkantoran atau tinggal di gedung apartemen, pasti sering sekali menggunakan lift. Saat berada di lift, Bunda berada di sebuah kotak tertutup yang dipenuhi oleh sejumlah orang. Sirkulasi udara yang tertutup di dalam lift menyebabkan penyebaran virus dan bakteri semakin cepat, terutama bila ada yang bersin atau berbicara tanpa mengenakan masker.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab flu yang datang dari kebiasaan buruk manusia, saatnya untuk mempersiapkan langkah pencegahan, Bunda. Salah satunya adalah dengan menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih Plus, yang mudah disimpan dan dibawa-bawa. Lindungi keluarga Bunda dari risiko flu di musim hujan. Sehat selalu, ya!

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

MomyhAmy

Terima kasih konicare untuk share info bermanfaat nya

yulyana

terima kasih konicare

thalia

thanks

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved