Anak

Bunda, Ini Dia Manfaat Pelukan Orang Tua bagi Perkembangan Anak

Lebih dari sekadar sentuhan, pelukan juga berdampak positif terhadap tumbuh kembang si kecil, lho. Sering kali memeluk dianggap sebagai reaksi spontan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Padahal, pelukan juga menjadi faktor utama yang bisa menciptakan kenyamanan dan kedekatan hubungan antara orang tua dan anak. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan pola asuh penuh kasih sayang ini.

Meningkatkan kecerdasan si kecil

Bunda, tanpa disadari pelukan yang Anda berikan memberikan stimulus penting yang dibutuhkan pada proses tumbuh kembang kecerdasan si kecil. Manfaat pelukan ini akan memberikan energi positif di dalam diri anak, sehingga membuatnya terhindar dari gangguan perkembangan kognitif. Saat pelukan terjadi, tubuh si kecil akan melepaskan hormon oksitosin yang memicu koneksi sel-sel otak anak. Semakin banyak sel-sel otak yang terhubung, maka kecerdasannya pun berkembang lebih pesat.

Menjaga daya tahan tubuh

Kondisi tubuh si kecil yang masih rentan terhadap virus penyakit membuat Bunda harus ekstra berhati-hati dalam merawatnya. Nah, jarang diketahui ternyata manfaat pelukan juga berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh si kecil. Hormon oksitosin yang dilepaskan selama berpelukan mampu menurunkan level plasma pada hormon tiroid. Artinya, apabila terdapat serangan kuman dan bakteri penyebab penyakit, maka tubuh si kecil bisa menangkalnya dengan baik.

Memberi rasa aman

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Pelukan menjadi salah satu cara termudah yang bisa Bunda lakukan. Di samping menciptakan kedekatan, manfaat pelukan juga akan memberi rasa aman secara emosional bagi si kecil. Dalam hal ini, rasa aman yang dimaksud adalah keberadaan dirinya yang diterima dengan baik dan tanpa syarat oleh keluarganya. Rasa aman inilah yang nantinya akan membuat si kecil dengan mudah terbuka dan jujur atas segala sesuatu yang ia alami di dalam kehidupannya.

Meredakan emosi

Pada kondisi-kondisi tertentu, si kecil bisa saja rewel dan mengamuk sehingga sulit untuk dikendalikan. Ingat, anak-anak belum sepenuhnya mampu mengungkapkan keinginannya. Artinya, sebagai orang tua Bunda tidak perlu memarahi atau bahkan membentak ketika anak-anak sedang bertingkah seperti ini. Sebaliknya, disarankan agar Bunda memberikan pelukan hangat yang diyakini dapat meredakan emosi si kecil. Saat sudah kembali tenang, cobalah untuk ajak si kecil berbicara dari hati ke hati agar tidak lagi mengamuk saat menghadapi situasi tertentu.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Beberapa penelitian di dunia berhasil membuktikan bahwa manfaat pelukan juga dapat menjadikan si kecil lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan saat mendapat pelukan dari orang tua, si kecil mendapatkan stimulus positif berupa rasa optimis yang menjadikannya berani dan siap menghadapi segala tantangan yang ada di depan mati. Tentu saja, rasa percaya diri yang baik ini membuat si kecil lebih mudah mudah berprestasi baik secara akademis maupun non akademis. Anak-anak dengan rasa percaya diri yang baik juga lebih siap bersaing, lho!

 

Melihat banyaknya manfaat pelukan orang tua bagi perkembangan anak, mulai sekarang biasakan untuk selalu memeluk si kecil. Setidaknya Bunda bisa memberi pelukan secara rutin dan dalam intensitas yang cukup sering. Dengan begitu, berbagai manfaat pelukan yang sudah dijelaskan di atas didapatkan oleh si kecil secara maksimal. Jadi, sudahkah Bunda memeluk si kecil hari ini?

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

desipranata

terimakasih infonya sangat bermanfaat

desipranata

selalu berikan pelukan hangat kepada anak sehangat minyak telon konicare

Susy

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved