Anak

Isi Waktu Kosong Anak dengan Berolahraga

Aktif bergerak merupakan aktivitas favorit hampir setiap anak, tapi sayangnya, aktif bergerak saja ternyata tidak cukup. Bagaimanapun juga, gerakan si kecil harus terus menerus dilatih dan bahkan harus diperbaiki untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan begitu, maka gerakan si kecil akan lebih sempurna lagi dan mendatangkan manfaat yang maksimal.

Untuk mendatangkan manfaat yang maksimal, salah satu cara yang bisa anda tempuh adalah dengan melatih si kecil gerakan olahraga ringan. Olahraga ini bukan hanya membuat  tubuh si kecil lebih bugar, tapi akan membuat perkembangan motoriknya semakin cepat.

Mengajak anak di bawah usia 6 tahun berolahraga memang bukan perkara mudah, anda harus terus menerus mengajarkan kepada mereka gerakan yang sama secara terus menerus, ini belum termasuk si kecil yang menolak untuk belajar berolahraga karena malas atau tergoda oleh tayangan televisi.

Untuk itu, salah satu cara supaya anda bisa lebih tenang untuk mengembangkan keterampilan adalah, jangan membandingkan si kecil dengan anak orang lain. Sepanjang tumbuh kembang si kecil normal dan sesuai dengan target yang anda usung, maka biarkan saja dia menguasai keterampilannya berdasarkan kemampuan dan keinginannya sendiri.

Untuk memaksimalkan potensi si kecil dan membiasakannya berolahraga, berikut merupakan beberapa cara mengajarkan mereka berolahraga untuk mengisi waktu luangnya supaya lebih bermanfaat.

Umur 2-3 tahun

Untuk anak usia ini, hindari olahraga yang sifatnya terstruktur. Untuk itu, sebaiknya anda biarkan saja mereka berlari, melompat-lompat, memanjat dan bermain air. Dengan kebiasaan aktif bergerah setiap hari, maka koordinasi motorik halus dan kasarnya akan lebih baik lagi.

Umur 4-5 tahun

Untuk usia ini, anda sudah mulai bisa meningkatkan kemampuan olahraga mereka dengan minat yang mereka miliki. Kebanyakan anak usia ini sudah bisa menggelindingkan bola, menangkap bola dan bahkan sudah bisa bersepeda menggunakan sepeda roda tiga. Selain itu, dalam usia ini anda juga bisa mulai mengajarkan anak berenang atau senam.

Umur 5-6 tahun

Untuk anak usia ini, banyak sekali keterampilan yang sudah dia kuasai, termasuk dalam hal baris-berbaris, memanjat, bergelantungan, berputar dan kemampuan lainnya. untuk itu, sekarang anda sudah bisa mengarahkan mereka kepada program olahraga yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

mama3d8

Aktif sekali sekarang

ani

Bermanfaat sekali infonya

nira_riestia_rahayu969

sekarang si kecil masih 3 tahun, jadi masih terbiasa lari2, lompat2,

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved