Anak

Tumbuhkan Keberanian Anak Lewat 5 Kegiatan di Alam Ini

Mengajarkan anak untuk lebih bersikap berani sejak dini merupakan hal penting. Agar mereka menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri di masa mendatang. Ada banyak cara untuk mengajarkan dan menumbuhkan keberanian pada anak. Di antaranya adalah melalui kegiatan di alam terbuka. Apa saja kegiatan di alam terbuka yang bisa Bunda lakukan? Simak ulasannya di bawah ini.

Berkemah di Alam Terbuka

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkemah di alam terbuka. Mulai dari melatih kedisiplinan dan menanamkan mental yang kuat bagi anak. Anak-anak dituntut untuk disiplin mengikuti agenda yang telah ditentukan. Seperti tidur, makan, mandi dan semua tugas tepat pada waktunya.

Dengan kegiatan di alam terbuka anak akan lebih siap menghadapi tantangan dan bekerja sama dalam tim. Jika sebelumnya anak mungkin takut untuk keluar saat malam hari, dengan kemah mereka diajarkan untuk lebih berani keluar di malam hari bersama teman-teman. Namun, tetap dalam pengawasan orang tua.

Ajaklah Si Kecil Berkebun

Mengajak si kecil untuk berkebun? Mengapa tidak. Karena di samping mereka lebih kenal dengan alam ini juga melatih keberanian si kecil. Mereka akan menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya lho Bunda.

Saat berkebun mereka akan menemukan hewan-hewan lucu di sekitarnya. Bahkan mereka semakin berani untuk berinteraksi. Mereka mengetahui hewan seperti kupu-kupu, burung dan sebagainya melalui buku bacaan atau televisi. Dengan berkebun mereka mencoba untuk mendekati dan menyentuh hewan tersebut secara langsung. Meski pada awalnya mereka sedikit takut. Namun, karena kebiasaan mereka akhirnya lebih berani.

Outbond Seru Bersama Keluarga

Jika selama ini liburan bersama keluarga banyak diisi dengan kegiatan indoor di dalam mall, maka sesekali buatlah berbeda. Bermain outbond bersama si kecil semisalnya. Selain seru, tentu kegiatan ini dapat menumbuhkan keberanian bagi anak untuk mencoba hal baru.

Bermain flying fox dan melewati halang rintang bisa jadi pilihan untuk anak. Mereka akan tertantang dan mencoba menaklukannya. Ada kebanggaan tersendiri bagi si kecil saat mereka berhasil menaklukan tantangan tersebut. Hal ini bisa jadi motivasi dalam dirinya untuk melakukan hal-hal lainnya dengan sikap positif dan berani dalam mengambil keputusan.

Mengajaknya Memancing di Akhir Pekan

Keberanian harus diimbangi dengan kesabaran. Untuk itulah mengapa mengajak anak untuk memancing di akhir pekan sangat penting. Cara ini mengajarkan mereka bahwa dibalik keberanian melakukan sesuatu, juga perlu kesabaran dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Memancing memang identik dengan kesabaran. Sementara berani bermain di dekat sungai adalah salah satu cara untuk melatih keberanian. Termasuk memegang ikan hidup dan melepas pengaitnya.

Sesekali Ajaklah Berlibur ke Cagar Alam

Selain bermain outbond di alam terbuka, cara untuk melatih keberanian anak berikutnya adalah mengajaknya berlibur ke cagar alam. Bunda bisa mengajaknya ke kebun binatang atau taman safari. Di sana si kecil akan melihat beragam fauna yang akan memberikan pengalaman seru dan tak terlupakan.

Saat melihat fauna-fauna tersebut bunda bisa ceritakan karakter hewan di kebun binatang tersebut. Seperti seekor harimau atau singa adalah hewan yang kuat dan pemberani. Atau sosok seekor kuda yang kuat. Dengan begitu benak si kecil menjadi tertanam rasa keberanian berdasarkan melihat secara langsung hewan-hewan tersebut dan diselingi cerita motivasi Bunda tersebut.

Kini, sudah saatnya si kecil untuk mengenal dan mencintai alam dan belajar hal baru untuk melatih keberaniannya. Agar makin nyaman saat anak bermain di alam, Bunda bisa membekalinya dengan Konicare Minyak Kayu Putih Plus, dengan kandungan cajuputnya yang dapat memberikan kehangatan sehingga mencegahnya masuk angin, PLUS nya lagi adalah kandungan lavender dan geraniumnya yang memberikan keharuman alami tanpa tambahan parfum yang efektif melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk/serangga selama 8 jam. Jadi, bertualang di alam makin nyaman dan tenang karena sudah bekal Konicare Minyak Kayu Putih Plus!

 

Photo credit: pexels.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

dwi_arum_nofayanti410

baby asik, parent bahagia...????

Sheny

artikelnya sangat membantu dan menginspirasi bagi kami orangtua, Terima kasih Bunda Konicare Atas Artikel yang selalu mengingatkan buat si kecil aku untuk selalu mengajak berlibur serta membuat keberanian si kecil.

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved