Anak

Bahaya Gadget Jika Terlalu Banyak Digunakan oleh Anak di Bawah Usia 10 Tahun

Gadget seakan menjadi benda yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kita sehari-hari. Tak hanya bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Bagi anak-anak, gadget bisa bermanfaat untuk melatih kecerdasan dengan berbagai aplikasi dan permainan yang ada di dalamnya. Keseruan yang diberikan oleh gadget bahkan terkadang membuat mereka rela memandangi layar gadget hingga berjam-jam. Padahal, hal ini bisa memberikan dampak negatif lho, Bunda, seperti berikut ini.

Menurunkan Ketajaman Indera Penglihatan

Sudah menjadi rahasia umum kalau layar gadget memancarkan radiasi yang tidak sehat untuk mata. Apa lagi kalau terus-menerus. Bagi mata Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, tentunya hal ini bisa memberikan dampak negatif lebih cepat. Jadi, jika mereka terlalu banyak memandangi layar gadget bisa menimbulkan gangguan mata sehingga harus memakai kacamata. Tentunya hal ini akan sangat menyiksa Si Kecil, bukan?

Menjadikan Anak Kurang Pergaulan

Karena sudah terlena dengan permainan yang ada di gadget, Si Kecil yang belum paham tentang bahaya gadget tentunya tidak peduli dengan teman di sekitarnya. Terlalu lama  bermain dengan gadget membuat waktu Si Kecil untuk berinteraksi dengan temannya menjadi berkurang. Saat teman sebayanya bermain di luar rumah, ia lebih memilih untuk duduk di ruang tamu dan bermain gadget. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bisa menjadikan Si Kecil kurang pergaulan lho, Bunda.

Anak Lebih Agresif

Hal ini terjadi jika Bunda kurang memperhatikan konten yang dilihat anak. Di internet semuanya ada. Jika Bunda kurang terlibat dalam melakukan pengontrolan, maka anak bisa mengakses konten-konten yang seharusnya tidak ditujukan untuknya, misalnya konten dewasa dan juga kekerasan. Hal ini akan mempengaruhi perilaku Si Kecil dan membuatnya bersikap lebih agresif. Ini juga termasuk bahaya gadget yang perlu diwaspadai.

Kelainan Mental

Jangan salah, tak hanya dampak kesehatan, tapi gadget juga bisa memberikan dampak psikologi yang buruk untuk Si Kecil. Misalnya saja stres dan mudah marah. Contohnya ketika ia tidak bisa menyelesaikan permainannya, hal ini akan membuatnya jengkel dan terus memikirkannya. Kebiasaan ini jika dibiarkan terus-menerus akan mengganggu kejiwaan Si Kecil dan berkembang menjadi depresi.

Menghambat Pertumbuhan Otak

Bahaya gadget jika diberikan terlalu banyak pada Si Kecil akan mengakibatkan pertumbuhan otaknya terganggu, terutama kemampuan kognitifnya. Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan kecanduan sehingga akan sulit bagi Si Kecil untuk mandiri. Semuanya bergantung pada internet. Kemampuan kognitif yang menurun tentu saja akan mempengaruhi tingkat kecerdasannya.

Mengenalkan Si Kecil pada teknologi memang bukan hal yang salah, tapi Bunda juga perlu tahu dampak negatifnya. Jangan sampai aktivitas Si Kecil dalam menggunakan gadget justru merugikan dirinya sendiri. Jadi, batasi sebaiknya berapa lama dalam sehari Si Kecil boleh bermain dengan gadget. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Bunda tentunya tidak mau kan jika kesehatan mata Si Kecil harus menurun di usia yang terlalu dini? Jadi, ketahui batas-batasnya, ya!

 

Photo credit: Marcus Kwan (flickr.com)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved