Anak

Bunda, Ini Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif !

Bunda, apakah si kecil sangat aktif sampai tidak pernah bisa diam kecuali saat tidur?

Menghadapi anak yang aktif pasti membuat Bunda kewalahan karena mereka selalu berlarian ke sana kemari. Tidak jarang Bunda juga jadi stres karena biasanya kondisi rumah pun jadi ikut berantakan.

 

Anak yang aktif bukanlah suatu tanda adanya kelainan, melainkan tanda bahwa si anak memiliki kecerdasan kinestetis yang tinggi yang mengharuskan mereka untuk lebih banyak bergerak, serta berinteraksi dengan objek pembelajarannya.

 

Meskipun tidak jarang membuat Bunda stres, pastikan Bunda selalu mendampinginya, alih-alih memarahinya karena tingkah lakunya yang super aktif. Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak super aktif yang bisa Bunda coba:

 

  1. Kenalkan Berbagai Aktivitas yang Menarik

Anak mungkin akan merasa bosan dengan aktivitas atau mainan yang dimilikinya. Oleh karena itu, Bunda dan Ayah perlu mencari berbagai jenis aktivitas positif lainnya yang dapat dilakukan si kecil. Misalnya, hari ini Bunda bisa mengajaknya berenang di kolam buatan, esok harinya Bunda bisa mengajak si kecil untuk membantu membereskan rumah atau memandikan hewan peliharaan.

 

  1. Lakukan Aktivitas di Luar Rumah

Selain di rumah, Bunda juga bisa mengajak si kecil beraktivitas di luar rumah untuk membantu mereka dalam meluapkan energinya dan memenuhi keinginan mereka untuk bergerak. Ajak si kecil bermain di taman, di lapangan dekat rumah, berenang, dan aktivitas fisik lainnya.

 

  1. Jangan Takut Kotor

Bunda tidak perlu takut kalau si kecil bermain dengan hal-hal yang membuat baju dan tubuhnya kotor, seperti pasir atau cat. Aktivitas tersebut justru berperan dalam membantu perkembangan motorik serta kognitifnya.

 

  1. Perhatikan Apa yang Digemari

Sembari mengenalkan berbagai aktivitas setiap harinya, Bunda juga perlu memperhatikan aktivitas apa yang paling digemari si kecil dan mengajaknya bermain apabila mereka sedang tidak bisa diam. Biasanya, anak yang super aktif akan duduk diam dalam jangka waktu lama ketika mereka menyukai aktivitas tersebut.


 

  1. Terapkan sikap tegas

Jangan sampai anak yang super aktif mengganggu aktivitas mereka lainnya, seperti tidur. Oleh karena itu, Bunda perlu bersikap tegas dan menerapkan aturan yang jelas untuk memberikan batasan-batasan pada si kecil. Jika waktunya untuk tidur siang telah tiba, maka segera ajak mereka tidur.

 

Tingkah laku si kecill yang super aktif tidak jarang membuat lelah. Namun, sebagai orang tua, pastikan Bunda tetap sabar dan terus mendampingi si kecil supaya perilakunya menjadi berguna. Hindari melabeli anak dengan kata-kata negatif, seperti bandel atau nakal. Sebaliknya, cari cara agar sikap hiperaktifnya membuat mereka menjadi enerjik atau penuh keingintahuan.

 

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada Ayah atau anggota keluarga lainnya untuk bergantian mendampingi si kecil jika Bunda perlu waktu istirahat karena sudah terlalu lelah.

Saat istirahat, Bunda bisa mengisinya dengan tidur atau sekadar menonton acara favorit. Untuk mengatasi badan yang pegal-pegal karena mengikuti anak ke sana dan kemari, Bunda bisa menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih Hot di bagian tubuh yang dibutuhkan. Selain itu, Konicare Minyak Kayu Putih Hot juga membantu menghangatkan badan dan membantu meredakan gejala masuk angin seperti perut kembung dan mual, membantu meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga, dan membantu melegakan hidung tersumbat karena gejala flu.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

artianfamilia

ok sangat bermanfaat

fortuna

terima kasih

ita

terimakasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved