Anak

5 Kesalahan dalam Merawat Rambut Anak

Siapa, sih, yang nggak mau si kecil memiliki rambut yang tebal, hitam, dan sehat? Saking inginnya, banyak Bunda yang sampai melakukan perawatan rambut secara berlebihan seperti mencuci rambut setiap hari. Padahal, yang berlebihan itu tidak baik, loh, Bun! Bukannya tumbuh sehat dan lebat, yang ada rambut si kecil jadi kusut dan kering. Hal ini pastinya tidak hanya membuat mereka tidak nyaman, tapi juga bisa menurunkan kepercayaan dirinya.

Yuk, pahami kesalahan merawat rambut berikut yang membuat rambutnya rusak:


 

  1. Terlalu sering keramas

Menjaga kebersihan rambut itu penting, tapi bukan berarti harus keramas setiap hari, ya. Terlalu sering keramas bisa menghilangkan minyak alaminya, dan menyebabkan rambut menjadi kering. Cukup cuci rambut dua hari sekali atau jika rambutnya tidak berkeringat dan bau, Bunda bisa mencucinya sekali atau dua kali dalam seminggu.

 

  1. Mengeringkan rambut secara tidak tepat

Selesai keramas, jangan mengeringkan rambut dengan menggosok secara keras dan berlebih karena bisa merusak rambut. Cukup tepuk-tepuk rambut dengan handuk secara merata. Setelah itu, gulung rambut dengan handuk sebentar saja untuk menyerap kelebihan air pada rambut.

 

  1. Produk perawatan rambut yang tidak cocok

Walaupun dikhususkan untuk anak, tapi tidak semua produk perawatan rambut cocok dan aman untuk si kecil. Misalnya, kandungan alkohol atau bahan kimia lain yang justru menghilangkan kelembapan alami rambut. Sebaiknya pilih produk perawatan rambut yang berbahan alami dan telah teruji klinis aman bagi bayi, seperti Konicare Natural Baby Bath 2in1, yang mengandung bahan alami Aloe Vera, Chamomile, dan Olive oil untuk membantu merawat pertumbuhan rambut si kecil dan menjaga kelembapan kulit kepala, tidak pedih di mata dan mudah dibilas. Setelah keramas, Bunda bisa memberi nutrisi tambahan dengan menggunakan Konicare Natural Baby Hair Lotion, dengan kandungan alami Kemiri, Seledri, dan Aloe Vera yang dapat membuat rambutnya tampak hitam dan lebat. Produk perawatan rambut dari Konicare sudah teruji klinis Hypoallergenic sehingga aman bagi kulit bayi yang masih sensitif.

 

  1. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang bisa menarik kulit kepala dan kutikula rambut yang bisa membuat rontok saat ikatannya dilepas. Supaya rambut tidak rontok dan rusak, longgarkan sedikit ikatan rambut dan pilih bahan ikatan rambut yang yang bagus. Selain itu, hindari mengikat rambut saat rambut si kecil masih basah, karena rambut yang masih basah lebih rentan rusak.

 

  1. Mencuci rambut dengan air yang terlalu panas

Mandi air hangat memang menenangkan, sih, tapi sayangnya bisa membuat rambut jadi kering. Jika si kecil harus keramas dengan air hangat, Bunda bisa lanjutkan dengan membilas dengan air dingin untuk menghaluskan permukaan rambut yang kasar.

 

Itu dia Bunda, beberapa kesalahan dalam merawat rambut si kecil yang harus dihindari untuk mencegah kerusakan pada rambutnya. Pastikan melakukan perawatan yang tepat dan mengimbanginya dengan konsumsi makanan yang bisa menutrisi dan menyehatkan rambut, seperti protein, zinc, zat besi, dan asam folat untuk menjaga rambut anak terbebas dari kerusakan.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

artianfamilia

thanks infonya

silviasbachtiar

bagus artikel nya

fortuna

bagus bgt artikelnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved