Anak

5 Cara Memotivasi Anak Agar Aktif di Luar Ruangan #KonicareBekalAnakBertualang

Dengan aktif bergerak di luar ruangan, tubuh Si Kecil bisa lebih sehat. Bahkan ternyata manfaat beraktivitas di luar ruangan terhadap anak cukup banyak lho, Bunda. Idealnya, anak yang aktif di luar ruangan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena obesitas atau penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan sakit jantung saat dia dewasa. Nah, agar Si Kecil termotivasi bermain di luar ruangan, Bunda bisa melakukan lima cara ini.

Jadikan aktivitas permainan

Pada dasarnya, anak kecil memang suka bergerak aktif dan bermain di luar ruangan, kok. Namun, untuk memotivasinya, Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain lompat tali, lempar tangkap bola, dan petak umpet di luar rumah. Aktivitas outdoor punya banyak banyak manfaat bagi tubuhnya. Meskipun tidak berupa olahraga terencana, aktivitas ini dapat memperkuat tulang dan menyehatkan otot. Akan lebih oke lagi jika Si Kecil bisa bermain dengan teman-teman sebayanya sehingga ia dapat belajar bersosialisasi.

Pahami aktivitas yang disukai Si Kecil

Aktivitas fisik seperti menari, berenang, berlari, dan memanjat biasanya cukup menyenangkan untuk Si Kecil. Namun, bila Si Kecil belum menyukai kegiatan tertentu, berilah kebebasan untuk mencoba berbagai aktivitas satu per satu.

Olahraga sepatu roda yang saat ini tren bisa membuat Si Kecil bergerak aktif dan juga gembira. Mengajak Si Kecil berjalan-jalan dengan hewan peliharaan juga bisa menjadi kegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Berikan dia pengalaman sebanyak-banyaknya hingga Si Kecil dapat menentukan aktivitas mana yang nyaman untuknya.

Jadikan sebagai hiburan

Bermain basket, bulu tangkis, dan berlari bisa dijadikan sebagai hiburan di sela kegiatan Si Kecil mengerjakan PR dari sekolah. Oleh sebab itu, kegiatan fisik jangan dijadikan sebagai hukuman bila Si Kecil berbuat salah. Misalnya menyuruh Si Kecil berlari keliling lapangan bila nilainya jelek. Hal ini akan membuat Si Kecil memandang olahraga sebagai kegiatan yang tidak menyenangkan.

Sebaliknya, beri pujian bila Si Kecil mampu melakukan permainan atau gerakan sederhana. Jangan memberi komentar negatif bila Si Kecil belum bisa. Dukungan Bunda akan memompa semangat dan rasa percaya dirinya.

Tentukan jadwal rutin

Aktivitas fisik di luar ruangan bisa dijadikan sebagai agenda rutin. Misalnya, Minggu pagi adalah jadwal rutin untuk bersepeda dengan keluarga. Atau jam setelah pulang dari sekolah adalah waktu untuk bermain bola dengan teman-teman. Bila memungkinkan, ajak Si Kecil berjalan kaki ataupun bersepeda ketika berangkat sekolah dan pulang sekolah. Bermain di luar ruangan dalam suatu kelompok juga dapat berdampak posistif pada perkembangan sosialnya.

Perkenalkan kepada atlet atau idola

Aktivitas yang dilakukan idola biasanya bisa memacu Si Kecil untuk melakukan hal yang sama. Misalnya, bila mengidolakan pemain sepak bola, maka Si Kecil juga akan gemar bermain bola untuk meniru idolanya. Perlihatkan padanya sosok atlet berprestasi dan mahir beraktivitas fisik yang sama dengan Si Kecil. Jika perlu, Bunda bisa mendaftarkan Si Kecil ikut klub olahraga seperti sepak bola atau karate untuk membantunya belajar sportivitas dan disiplin.

 

Itu dia beberapa cara memotivasi anak agar aktif di luar ruangan. Umumnya, Si Kecil akan meniru semua hal yang dilakukan orang tua. Oleh sebab itu, jika ingin anak bisa aktif di luar ruangan, Bunda bisa memberinya contoh yang baik. Misalnya, memilih untuk berjalan kaki ke tempat yang dekat dari rumah daripada naik kendaraan.

Jangan lupa pijat si Kecil dengan Konicare Minyak Kayu Putih Plus setelah ia beraktivitas untuk memberikan efek relaksasi sehingga si Kecil akan bangun dengan bugar kembali keesokan harinya.

Selain itu, Konicare Minyak Kayu Putih Plus dengan kandungan cajuput dapat memberikan kehangatan agar si Kecil tidak masuk angin, dan kandungan lavender geranium dengan keharuman alami tanpa tambahan parfumnya akan melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk efektif selama 8 jam. Konicare Minyak Kayu Putih Plus juga sudah bersertifikasi halal, jadi aman dan nyaman untuk si Kecil dan keluarga ya Bun.

 

 

Photo Credit: Pexel

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

konicare minyak kayu putih plus mantap

Ghisa_Yumna

siiippppp

Junny_gultom

bermanfaat sekali..aku jg sangat ingin mengajak anakku bermain di luar mengenalkan alam

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved