Anak

Tips Agar Si Kecil Mau Mendengarkan Anda

Ketika di sekolah, si kecil sudah cukup lelah untuk menjalankan instruksi dari gurunya, sekaligus menaati segala peraturan yang berlaku disekolahnya. Terlebih kalau di sekolahnya terlalu banyak aturan. Karena terlalu banyak perintah itulah yang akhirnya membuat si anak menjadi lelah dan akhirnya mengabaikan perintah dari anda sebagai orangtuanya.

Sebagai orangtua, anda jangan khawatir, karena ini merupakan sikap yang normal. masih banyak kok caranya supaya anak anda bisa lebih mendengarkan perintah orangtua? Berikut merupakan beberapa cara supaya anak kesayangan anda mau menuruti perintah anda.

Carilah sudut pandang

Berteriak dan memaki untuk mendapatkan perhatian anak bukanlah tindakan bijak, mendingan anda ambil pelajaran dan anggap saja kalau dia tidak sengaja mengabaikan. Setelah itu, cobalah untuk mencari strategi yang lebih baik. Setelah itu, mintalah si kecil untuk mengulangi semua instruksi dari Anda, cara ini akan membuat anak anda ingat tentang apa yang anda perintahkan.

Buktikan kalau Anda ada

Sangat wajar kalau anak usia 7 sampai 8 tahun kerap mengabaikan anda karena dia sedang melakukan hal yang menyenangkan. Ketika si anak sedang fokus, cobalah berikan sentuhan pada bahunya untuk membuatnya tersadar kalau ada di dekatnya. Sebagai orangtua, anda juga harus pintar untuk menempatkan diri, dengan begitu si anak akan merasa dihargai dan akan lebih memperhatikan perintah anda.

Hindari memberi perintah berulang

Banyak orangtua yang selalu mengulang-ngulang perintah karena si anak tidak mau mendengarkan. Kalau anda melakukan ini, paling-paling si anak akan melakukan perintah anda dengan terpaksa. Cara yang paling efektif adalah, cobalah dekati dia dan duduk disampingnya. Tanyakan apa yang membuat si anak tidak mau mendengarkan perintah anda.

Dengarkan Anak

Kalau anda ingin didengarkan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah, mulailah untuk mendengarkan. Ketika anda sudah mau mendengarkan, maka si anak akan mencontoh dan mulai akan mendengarkan anda. kalau memang si anak maish belum mau mendengarkan, ajak bicara si anak sambil menatap matanya. Tanyakan kepadanya alasan kenapa dia tidak mau mendengarkan anda.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ani

Bermanfaat sekali infonya

nira_riestia_rahayu969

bener banget nih, kadang si kecil suka ngeledek kalau diberi perintah berulang

ani

Terima kasih artikelnya inspiratif sekali. D di stimulasi

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved