Anak

4 Persiapan Kembali ke Sekolah Virtual Setelah Libur

Kurangi potensi distraksi

Selama masa liburan, kegiatan bermain dan bersantai jadi aktivitas yang paling sering si kecil lakukan di rumah. Karena sebentar lagi ia akan kembali ke sekolah dengan praktik belajar onlinenya, Bunda harus mencoba mengurangi porsi bermain dan bersantainya secara bertahap. Caranya adalah dengan mengurangi potensi distraksi yang ada di rumah.

Kurangi si kecil dalam bermain game, mulai dari game konsol hingga game di komputer atau laptop. Batasi juga tontonan acara-acara di televisi atau YouTube. Semua ini dilakukan untuk mengembalikan “ritme sekolah” perlahan-lahan agar si kecil bisa lebih cepat menyesuaikan diri dengan kegiatan belajar di rumah. Ganti aktivitas bermain secara bertahap dengan aktivitas lain yang baik bagi persiapan sebelum kembali ke sekolah, seperti berolahraga di rumah misalnya.

Sesuaikan penggunaan alat belajar

Karena sebelumnya sang anak sudah pernah belajar online di rumah, maka sebelum melakukannya lagi, Bunda dapat mengevaluasi proses belajar online sebelumnya. Cek apakah ada kendala tertentu pada hal-hal yang mendukung proses belajar. Periksa apakah gadget yang sering dipakai anak untuk belajar masih dapat mengoperasikan aplikasi untuk belajar online dengan baik atau tidak.

Pastikan juga ruangan tempat ia melakukan belajar online adalah lingkungan yang nyaman. Bunda bisa mengajak si kecil untuk mendekor kembali ruang belajarnya supaya ia termotivasi kembali belajar karena suasana yang baru.

Jalin kontak dengan sang guru

Selain memeriksa kembali kendala-kendala belajar sebelum kembali ke sekolah virtual di rumah, jangan ragu juga untuk berdiskusi dengan sang guru terkait perubahan sistem belajar atau hal-hal penting lainnya yang perlu Bunda tahu. Bersikaplah terbuka jika ada perubahan (misalnya jadwal dan durasi belajar si kecil) karena Bunda juga harus ikut menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Jalinlah hubungan yang baik dengan guru dan pihak sekolah dalam rangka menghadirkan sistem pendidikan virtual yang lebih baik bagi si kecil sendiri. Apalagi bila sekolah tempat si kecil belajar terbilang cukup baru dengan sistem ini, Bunda bisa ikut andil membantu memberikan saran atau pandangan sebagai orang tua yang mengawasi kegiatan belajar anak di rumah.

Olahraga, siapkan tubuh dan energi anak

Sebagai bagian dari persiapan kembali ke sekolah virtual, si kecil butuh mempersiapkan ketahanan tubuh karena ia akan kembali menghabiskan waktu beberapa jam setiap harinya untuk duduk dan belajar melalui sambungan video conference.

Ajak si kecil untuk melakukan olahraga ringan di rumah karena olahraga dapat membantu tubuh si kecil menjadi lebih bugar dan sehat. Bunda bisa memilih jenis olahraga yang si kecil sukai, seperti bermain bola kaki, bulu tangkis, atau sekadar melakukan jogging atau jalan kaki di sekitar area rumah.

Setelah berolahraga, Bunda juga dapat memberikan si kecil Minyak Kayu Putih Plus atau Minyak Telon Plus sehabis mandi untuk menghangatkan tubuhnya. Minyak Kayu Putih Plus atau Minyak Telon plus juga mencegah si kecil kembung dan melindungi tubuh dari gigitan serangga, menjaga tubuh si kecil tetap fit saat kembali ke sekolah.

Baik Bunda maupun si kecil, keduanya harus melakukan persiapan sebelum praktik kembali ke sekolah online dilakukan. Bunda juga memiliki peran besar selama proses belajar online yang dilakukan di rumah. Oleh sebab itu, perhatikan si kecil nyaman dengan proses belajar agar materi yang diberikan oleh guru dapat terserap dengan maksimal.

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved