Tips

Trik Menyapih Buah Hati Tanpa Drama

Masa menyapih kadangkala menimbulkan banyak drama, baik bagi Buah Hati maupun Bundanya sendiri.  Walaupun menyapih merupakan hal yang umum terjadi, namun proses ini ternyata gampang-gampang susah pada kenyataannya. Antara tidak tega melihat Buah Hati menangis, tapi ingin membuatnya mandiri dan lebih dewasa dengan melepas ASI, tapi pada akhirnya Bundanya malah jadi ikutan terbawa perasaan. Agar tidak stress dan penuh drama saat menyapih, coba simak dahulu trik ampuh menyapih ala Konicare ya!

Lakukan Secara Bertahap

Keputusan menyapih bisa menjadi hal yang sangat sulit bagi Bunda dan Buah Hati, karena itu buatlah momen menyapih menjadi sesuatu yang menyenangkan serta menjadi pengalaman yang bebas dari rasa sakit. Menyapih yang tepat adalah yang dilakukan secara perlahan dan bertahap. Mulailah proses menyapih dengan mengurangi jadwal menyusui sampai Bunda dan Buah Hati dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Ganti ASI dengan Camilan Favorit

Proses menyapih tidaklah semua membalikkan telapak tangan. Walau banyak cara yang dapat dilakukan, namun kebanyakan cara tersebut malah membuat Buah Hati menjadi trauma. Salah satu metode yang cukup sukses adalah mencoba mengalihkan perhatiannya dengan memberikan ia camilan favorit saat Buah Hati meminta ASI. Mulailah dengan mengganti satu kali waktu menyusui dengan memberikan camilan sehat sesuai usia dan kebutuhan gizinya. Setelah makan camilan, gantikan bajunya dan oleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus agar tubuhnya selalu hangat dan terlindungi dari masuk angin, lalu ajaklah Buah Hati bermain sambil belajar agar semakin lupa dengan kebiasaan menyusunya.

Pahami Kondisi Bunda dan Buah Hati

Sama seperti orang dewasa, Buah Hati juga butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Untuk mendukung proses penyapihan, Bunda bisa berbicara dari hati ke hati dengan Ayah atau kerabat terdekat. Untuk membantu Buah Hati melewati proses ini Bunda dapat mencoba menghabiskan waktu lebih banyak dengan memeluknya dan menjalin ikatan sehingga ia menjadi tenang dan proses menyapih semakin lancar.

Menyapih memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi, pastikan juga menyapih dengan tanpa paksaan ya, Bun. Lakukanlah bertahap agar Bunda dan Buah Hati dapat beradaptasi dengan baik. Semoga proses menyapihnya lancar dan Buah Hati tumbuh sehat, aktif dan kuat ya :)  
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved