Tips

Tips agar Piknik Menyenangkan dan Bermanfaat bagi Si Kecil

Menjelang akhir pekan, pasti banyak Bunda yang mulai merencanakan kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satu kegiatan yang perlu ada dalam list adalah piknik.
Ya, selain menjadi cara untuk bersantai dan menyegarkan pikiran dari rutinitas padat sehari-hari, piknik juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga dan mampu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Piknik di alam terbuka bisa melatih sistem otak yang kurang berkembang ketika banyak beraktivitas di ruangan.

Piknik bisa dilakukan di mana saja, mulai dari pekarangan rumah, taman, danau, hingga pantai. Beberapa tips berikut ini juga perlu Bunda terapkan supaya piknik makin menyenangkan dan bermanfaat bagi si kecil:

  1. Pilih lokasi yang aman
    Bila si kecil masih balita, pilih lokasi piknik yang aman dan ramah anak. Hindari lokasi yang medannya sulit atau yang membutuhkan berjalan kaki yang cukup jauh. Ketika memilih piknik di pantai, pastikan pilih yang ombaknya tidak terlalu besar dan tidak ada hewan laut yang membahayakan.

  2. Rencanakan kegiatan selama piknik
    Supaya piknik makin seru, jangan lupa untuk merencanakan aktivitas yang ingin dilakukan, seperti berburu tanaman, menangkap kunang-kunang atau membuat istana pasir.

  3. Buat list perlengkapan yang harus dibawa
    Meskipun umumnya hanya sehari dan tidak perlu menginap, tapi Bunda perlu mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa se-detail mungkin. Mulai dari tikar, alas duduk, bantal, alat makan, dan plastik sampah. Jangan lupakan juga obat-obatan atau P3K, seperti plester luka, kapas, atau minyak kayu putih untuk berjaga-jaga jika si kecil mual atau masuk angin.

  4. Siapkan bekal yang cukup
    Piknik identik dengan kegiatan bersantai di alam bebas sambil menikmati makanan. Siapkan bekal yang praktis dan tentunya disukai si kecil, misalnya nasi goreng, pastel, atau macaroni schotel. Pastikan juga persediaan air minum cukup. Bunda juga bisa menambahkan susu kotak, yogurt atau buah-buahan segar, dan keripik atau crackers untuk camilan.

  5. Libatkan si kecil
    Katakan pada si kecil bahwa ia akan pergi piknik dan libatkan dalam mempersiapkan perlengkapan dan makanan yang akan dibawa. Supaya makin semangat, Bunda bisa mengatakan kalau ia bisa membawa beberapa mainan kesukaannya.

 

Piknik pasti menjadi momen menyenangkan bagi keluarga terutama si kecil karena ia dapat bereksplorasi lebih luas lagi di alam terbuka. Jangan lupa untuk mengabadikan momen piknik ini supaya menjadi kenangan berharga bagi si kecil.
Karena pandemic masih ada, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat berada di kerumunan dan rutin membersihkan tangan dan barang yang dibawa dengan hand sanitizer. Bunda bisa memasukkan Konicare Multipurpose Sanitizer Spray dalam list perlengkapan yang harus dibawa karena kandungan Alkohol 70%- nya praktis dan efektif membunuh kuman dan bakteri secara cepat, tidak beracun, serta dengan formula food grade yang aman untuk membersihkan alat makan, dan tentunya halal.

Jadi, sudah siap berpiknik bersama si kecil?

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved