Tips

Sediakan Makanan Sehat Untuk Keluarga

Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Setiap hari kita harus makan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai macam aktifitas harian. Sebagai penunjang, dibutuhkan makanan yang sehat dan memiliki gizi yang seimbang. Peran keluarga sangat berpengaruh dalam pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Berikut Ini pola makan dan makanan yang baik untuk kesehatan keluarga.

 


1. Sarapan (Makan Pagi)

Sarapan merupakan bagian terpenting untuk memulai aktifitas keseharian seluruh anggota keluarga, baik anak maupun orang dewasa membutuhkan asupan yang cukup sebagai sumber energi dalam memulai seluruh kegiatannya. Sarapan juga dapat mengontrol metabolisme tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Tidak perlu sarapan dalam jumlah yang banyak, namun makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein vitamin dan mineral dalam jumlah yang berimbang. Misalnya Setangkup roti gandum dengan selai kacang atau omelette sayuran sudah cukup untuk memulai hari.


2. Makan Siang

Tubuh membutuhkan makanan seimbang untuk di konsumsi (karbohodrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan serat) dalam jumlah yang seimbang sesuai dengan usia, jenis kelamin dan aktifitas yang dilakukan setiap harinya. Umumnya tubuh membutuhkan 60% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak. Selain itu vitamin, mineral dan serat (30gram/hari)  harus dipenuhi dalam jumlah cukup. Setiap makanan yang di konsumsi tersebut digunakan untuk sumber energi (karbohidrat dan lemak), pertumbuhan (protein), dan untuk menjaga kesehatan (mineral, vitamin, serat). Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih harian sesuai dengan kebutuhan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Menu makan siang lengkap biasanya terdiri dari 1 piring nasi (atau penukarnya),  1 potong ikan (atau penukarnya),  1 potong tempe (atau penukarnya),  1 mangkok sayuran, Buah-buahan dan air putih.


3. Cemilan

Jarak makan dari sarapan ke makan siang relatif lebih singkat daripada interval makan siang ke makan malam. Untuk itu dibutuhkan tambahan asupan untuk mempertahankan energi. Menyantap camilan umumnya dilakukan diantara jadwal makan utama (makan siang ke makan malam) sebagai penunda rasa lapar. Buah dan sayuran bisa dijadikan alternatif untuk cemilan sehat, dalam bentuk yang utuh maupun di proses menjadi jus atau salad


4. Makan Malam

Disarankan untuk makan malam lebih awal, paling tidak 3-4 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mengolah makanan, sehingga saat kita beristirahat pencernaan tidak terbebani oleh makanan tersebut. Jam 6-7 malam adalah waktu yang paling tepat untuk makan malam karena sebagian besar kita tidur diantara jam 10-11 malam. Seperti halnya makan siang, ketika makan malam tubuh membutuhkan gizi seimbang dengan kelengkapan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, serat dan air dalam jumlah yang seimbang.


5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain menjaga pola makan yang pas untuk keluarga, kita juga harus menjaga dan memperhatikan  kesehatan tubuh dengan cara memilih bahan makanan yang bersih seperti sayuran, buah, ikan dan makanan lain yang segar sebelum diolah dan dikonsumsi. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan serta menyikat gigi setelah makan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

mylahiu

apapun makanannya yg penting harus tersedia sayur da buah maupun susu

Merry

sip admin always ????

ani

Setuju, thx y infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved