Tips

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif pada Si Kecil

Sejak dalam kandungan, Si Kecil memerlukan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya di dalam janin. Begitu pun ketika ia sudah lahir, Bunda juga harus tetap memberikannya nutrisi yang cukup. Hal tersebut dilakukan lewat pemberian ASI. ASI adalah makanan vital bagi bayi. Namun sayangnya, tak sedikit para ibu yang sudah memberikan bayi mereka makanan selain ASI bahkan sebelum bayi mencapai usia 6 bulan. Padahal hingga di usia tersebut, bayi seharusnya hanya diberi ASI saja secara eksklusif. Yuk Bunda, ketahui apa saja pentingnya memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Si Kecil

Bayi memiliki daya tahan tubuh yang relatif lebih rentan dibanding orang dewasa. Oleh sebab itu, Bunda harus lebih memperhatikan hal tersebut. Salah satu caranya dilakukan dengan pemberian ASI. Memberikan ASI eksklusif hingga si Kecil berusia 6 bulan bisa menguatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Zat antibodi dari Bunda yang didapatkan Si Kecil dari ASI, mampu melindunginya dari diare, infeksi saluran pernapasan, bahkan konstipasi. Selain itu, bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki risiko terjangkit meningitis dan diabetes yang lebih rendah dibanding bayi yang tidak.

Bayi Tumbuh Cerdas

Pemberian ASI eksklusif ternyata juga bisa meningkatkan kecerdasan pada otak Si Kecil. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lemak dalam ASI. Jika Bunda ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas maka hal tersebut harus dimulai sejak Si Kecil bayi, yakni dengan pemberian ASI secara eksklusif.

Menguatkan Tulang Bayi

ASI juga mengandung kalsium apalagi jika Bunda banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung mineral sejenis. Alhasil, bayi yang diberikan ASI eksklusif akan mendapatkan jumlah supan kalsium lebih banyak daripada mereka yang tidak. Asupan nutrisi yang cukup akan membuat tulang leher dan juga tulang belakang bayi lebih kuat.

Mengurangi Stres pada Ibu

Sadar atau tidak, menyusui Si Kecil dapat membuat Bunda merasa bahagia, karena tak sedikit orang di luar sana yang belum mampu mendapatkan kebahagiaan ini. Tak semua ibu mampu menyusui anaknya sehingga harus melalui pompa atau jika ASI tidak keluar, maka bayi harus mendapatkan asupan nutrisinya dari susu formula. Hal inilah yang kadang menimbulkan rasa gelisah dan kecewa pada diri sang ibu. Mereka merasa bersalah karena tidak mampu memberikan yang terbaik untuk bayi mereka.

Mempererat Hubungan Batin

Menyusui Si Kecil juga dapat mempererat hubungan emosional Bunda dengannya. Dengan begitu, Bunda akan merasa senang dan bayi pun merasa nyaman. selain itu, hal tersebut juga dapat menguatkan rasa kasih sayang Bunda terhadap Si Kecil karena memberikan ASI merupakan wujud pemberian rasa sayang.

Organ tubuh bayi tidak seperti orang dewasa, terutama pencernaan. Pencernaan pada bayi belum sempurna sehingga mereka belum bisa mencerna makanan dengan tekstur yang sedikit keras. Oleh sebab itu, pemberian makanan selain ASI harus dilakukan secara bertahap dan itu pun harus dimulai setelah bayi menginjak usia 6 bulan. Selain itu, Bunda juga harus menjaga pola makan agar bisa memberikan manfaat ASI secara maksimal.

 

Photo credit: Harald Groven (flickr.com)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved