Tips

Cara Mengatasi Buah Hati yang Cemburu Kepada Adiknya

Menjadi kakak merupakan momen yang menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan bagi si Kecil. Hal ini lazim terjadi, apalagi jika usia keduanya tidak terpaut jauh. Sebagai orang tua pasti kita akan dibuat bingung oleh si Kecil, mulai ia menjadi cengeng, hingga tidak mau berinteraksi dengan si adik. Umumnya rasa cemburu ini timbul akibat perhatian Bunda dan Ayah harus terbagi, karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu si Kecil mengubah rasa cemburunya menjadi rasa sayang. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya :

Libatkan Dalam Momen Kehamilan

Ada banyak cara untuk mencegah rasa cemburu saat akan ada penambahan anggota baru dalam keluarga. Cara pertama yang dapat Bunda lakukan adalah dengan memberikan informasi kepada Buah Hati sambil mengarahkan tangan mungilnya ke perut Bunda. Ajaklah juga ia untuk ikut serta dalam momen memeriksakan kehamilan agar Buah Hati dapat melihat wajah adiknya sejak masih dalam kandungan. Dengan melibatkan pada banyak momen kehamilan ini, akan menumbuhkan kedewasaannya dan rasa tanggung jawab sebagai seorang kakak.

Ajari Untuk Menyayangi Adiknya

Cara lain agar Buah Hati dapat melewati fase ini adalah dengan turut serta mengajarkannya dalam merawat adiknya. Buatlah ia merasa penting mulai dari melakukan hal-hal kecil seperti membawakan popok, mengajarkan sentuhan lembut seperti mengusap dan mencium pipinya. Jangan lupa untuk mengucapkan juga terima kasih karena sudah membuat adik menjadi tenang dan berilah pujian bahwa ia sudah menjadi kakak yang baik. Dengan melakukan ini, Buah Hati akan merasa diperhatikan dan bantuannya juga dibutuhkan.

Tetap Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

Mempersiapkan kedatangan adik baru memang penting, namun jangan sampai membuat perubahan drastis rutinitas Bunda dan si Kakak. Tetaplah melakukan rutinitas seperti biasanya seperti membacakan dongeng atau menonton bersama acara favoritnya, jangan sampai ia merasa tersisihkan dan dilupakan. Tingkatkan juga rasa cinta Bunda kepadanya dengan memberikan perhatian ekstra, memeluk, mencium dan memberikan rasa hangat serta nyaman dengan mengoleskannya Konicare Minyak Telon Plus. Bahan alaminya menjaga Buah Hati dari gigitan nyamuk dan serangga hingga 8 jam. Aromanya lembut tanpa tambahan parfum, wangi bayi banget.

Buah Hati yang merasa cemburu terhadap adiknya adalah hal yang umum terjadi, karena itu bukan peran orang tua saja yang dibutuhkan namun juga perhatian seluruh keluarga untuk mencurahkan kasih sayang kepada si Kakak. Bunda punya tips ampuh lainnya menghadapi ini? Share ya :)
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved