Tips

5 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat yang Bisa Dicoba

Haus dan lapar yang dirasakan setelah seharian berpuasa bisa membuat Bunda dan keluarga lesu. Oleh karena itu, menu buku puasa yang dipilih harus sehat untuk mengembalikan energi yang terkuras. Dengan memilih menu buka puasa yang tepat dan sehat, Bunda dan keluarga bisa menjalani ibadah di bulan Ramadan dengan nyaman dan lancar. Masih bingung menentukan menu buka puasa sehat yang bisa dicoba? Berikut beberapa rekomendasinya, Bunda!

Sup

Menu buka puasa sehat pertama yang bisa Bunda coba adalah sup. Banyak orang yang tidak bisa langsung menyantap makanan berat seperti nasi saat berbuka. Bila Bunda dan keluarga termasuk salah satunya, sup bisa jadi menu buka puasa sehat yang tepat. Dibuat dari sayuran segar yang dapat dikreasikan dengan banyak bahan lezat lainnya seperti daging ayam, jamur, hingga bakso, membuat sup jadi hidangan yang enak disantap saat berbuka. Sup juga bisa jadi menu berbuka yang cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas selama puasa.

Nasi goreng quinoa

Quinoa merupakan spesies tanaman dari genus goosefoot berupa biji-bijian yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok. Menggunakan quinoa sebagai bahan membuat nasi goreng terbilang sehat karena mengandung serat, protein, dan asam amino esensial yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang baru. Cara membuatnya juga gampang. Bunda cukup rebus biji quinoa, kemudian tumis bersama bumbu nasi goreng seperti bawang dan cabai. Supaya gizi nasi goreng quinoa lebih seimbang, Bunda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti brokoli, sawi, wortel, atau aneka daging yang kaya protein.

Kelapa muda

Banyak orang selama puasa merasa lebih sulit menahan haus dibanding lapar. Bila Bunda juga demikian, menu buka puasa yang segar-segar mungkin adalah yang dibutuhkan. Kelapa muda segar bisa jadi pilihan menu buka puasa yang layak dipertimbangkan. Sebagai pilihan yang paling mudah untuk melepaskan rasa haus selama seharian berpuasa, bisa mengonsumsi kelapa muda mengandung air yang mampu mengambalikan ion tubuh yang hilang. Biar lebih segar, Bunda bisa mencampurnya dengan es batu dan juga gula merah untuk membuat rasanya jadi lebih manis dan manambah energi.

Bihun goreng

Bunda penyuka masakan Indonesia? Bihun goreng yang sederhana layak dicoba. Bihun goreng yang lezat ini juga bisa jadi menu pengganti nasi yang cocok jadi menu buka puasa yang menyenangkan. Bihun tidak hanya memiliki tesktur yang dapat meningkatkan nafsu makan, namun juga membuat perut dapat kenyang lebih lama karena termasuk ke dalam makanan low GI (mempunyai indeks glikemik rendah). Cara membuat menu satu ini juga sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan sajian mi goreng pada umumnya. Bunda bisa pula memadukannya bersama sayuran sehat seperti sawi, wortel, kubis, hingga brokoli.

Salad

Bila sedang mencari menu buka puasa yang sehat, tentu salad tidak boleh terlewat. Bunda bisa membuat salad yang terbuat dari sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan serat. Bunda dan keluarga bisa mengembalikan tenaga yang hilang setelah berpuasa seharian dengan memilih bahan makanan salad sehat yang tepat. Mengonsumsi sayur dan buah sebagai menu buka puasa juga bermanfaat untuk tidak membuat perut terasa begah. Buat saja salad dengan campuran sayur dan buah sesuai selera Bunda dan keluarga agar kegiatan berbuka lebih menyenangkan.

 

Cobalah beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat di atas untuk mengembalikan semangat berpuasa bagi Bunda dan keluarga, ya. Semoga bermanfaat!

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

desipranata

tetap jaga pola makan ya moms

desipranata

udah ngenyangin, sehat lagi

desipranata

enak banget ya moms

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved