Tips

4 Tanaman Herbal Hebat Untuk Di Rumah Bunda

Bunda, tahukah kalau ada beberapa tumbuhan herbal yang harus Bunda pertimbangkan untuk ditanam di pekarangan rumah? Tidak hanya berfungsi penghias taman loh, namun juga bermanfaat sebagai apotek hidup untuk menjaga kesehatan keluarga. Berikut 4 jagoan hebat yang bisa Bunda tanam di rumah

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan obat-obatan yang bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sensasi hangat di tubuh setelah mengkonsumsi air rebusan jahe dapat mengurangi gejala flu, sakit kepala dan masuk angin. Jahe juga dapat mengurangi rasa nyeri ketika ada bagian tubuh yang terkilir, caranya balurkan jahe yang sudah diparut pada bagian tubuh yang terkilir.

2. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan protein dan serat, selain enak untuk di konsumsi atau diolah menjadi minuman, jambu biji merupakan salah satu tanaman yang bisa dipergunakan untuk mengatasi diare dengan menggunakan bagian daunnya, mengurangi hipertensi, mencegah penuaan dini dan menyehatkan kulit. Jambu biji juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk mengatasi gejala flu.

3. Kencur

Kencur yang merupakan jenis tanaman rimpang ini banyak sekali manfaatnya, antara lain dapat digunakan sebagai obat batuk untuk dewasa maupun anak-anak. Saat diberikan kepada anak-anak Bunda dapat menambahkan madu agar rasanya lebih enak. Selain itu kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. meringankan influenza, sakit kepala, terkilir dan memperlancar haid.

4. Kunyit

Tanaman rempah-rempah berwarna kuning pekat yang jika dipegang warnanya menempel di kulit dan mempunyai bau yang khas ini termasuk kategori tanaman obat yang banyak memiliki khasiat untuk tubuh diantaranya menghilangkan bau badan, keputihan, telat datang bulan, meningkatkan stamina, antioksidan dan menurunkan panas. Kunyit juga dapat di olah bersamaan dengan tanaman obat lainnya, juga dapat digunakan sebagai bumbu dapur.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

dwi_arum_nofayanti410

bunda...

Friska

terimakasih infonya bunda

kurnia

asa semia di dapur

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved