Playpedia

Panduan Aktivitas Fisik Anak Berdasarkan Usianya

Orang tua mana yang tidak senang melihat anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dari waktu ke waktu? Salah satu momen berharga dalam melihat tumbuh kembang anak adalah pada 1 tahun pertama. Pada tahun tersebut seakan semua yang dilakukan oleh anak merupakan sesuatu yang sangat berharga. Untuk dapat terus memantau perkembangan anak setiap waktunya, Ayah dan Bunda bisa mencatat apa saja yang bisa dicapai seorang anak setiap bulannya. Untuk lebih lengkapnya, hal-hal di bawah ini bisa menjadi panduan perkembangan si kecil selama 1 tahun pertama, ya, Bun.

 

0-3 Bulan

  • Perkembangan Motorik

Anak akan mulai belajar berbaring, tengkurap serta mendorong menggunakan tangannya. Selanjutnya, mereka akan belajar untuk mengangkat kepala dan belajar untuk menggerakkan kepalan tangan agar bisa terbuka dan tertutup.

  • Perkembangan Bahasa

Anak bisa tetap diam atau tersenyum dan mengarahkan kepala ke arah sumber suara. Bayi akan mulai bisa melakukan kontak mata dan menunjukkan perasaan yang berbeda melalui berbagai macam tangisan.

  • Perkembangan Sosial

Bayi menikmati interaksi secara tatap muka langsung yang dianggap mereka menyenangkan. Tanggapan yang diberikan bisa berupa tawa atau pun senyuman.

 

4-6 Bulan

  • Perkembangan Motorik

Pada usia ini anak mulai menggunakan tangan untuk menopang diri sendiri, terlebih saat belajar duduk. Selanjutnya mereka bisa belajar berguling sendiri dan belajar berdiri dengan bantuin penyangga. Selain itu bayi sudah mulai bisa meraih mainan yang diinginkan.

  • Perkembangan Bahasa

Anak sudah mulai bisa menanggapi interaksi dengan suara dan sudah mulai bisa mendengarkan panggilan dari orang sekitarnya. Mereka juga mulai menggunakan suara secara acak untuk menarik perhatian serta mengekspresikan perasaan

  • Perkembangan Sosial

Anak sudah bisa menikmati interaksi yang menyenangkan dengan orang lain, misalnya ci-luk-ba. Bayi juga mengarahkan kepala ke arah suara, menjaga kontak mata dengan orang yang dikenal selama interaksi yang menyenangkan. Selain itu, mereka suka bermain dengan mainan dengan tekstur yang bervariasi.

 

7-9 Bulan

  • Perkembangan Motorik

Bayi bisa duduk tanpa dukungan dan meraih mainan tanpa jatuh. Bayi bisa pindah dari tengkurap atau punggung ke duduk. Mereka mulai bergerak dengan gerakan kaki dan lengan yang bergantian, misalnya merayap, merangkak.

  • Perkembangan Bahasa

Anak sudah mulai menggunakan variasi suara dan kombinasi suku kata yang lebih banyak. Mereka melihat objek dan orang yang dikenal saat dinamai. Bayi di usia ini juga mengenali suara nama. Mereka berpartisipasi dalam komunikasi dua arah, mengikuti beberapa perintah rutin saat dipasangkan dengan gerakan.

  • Perkembangan Sosial

Anak tertarik berinteraksi dengan orang lain, misalnya mereka akan mengangkat tangan ke arah atas untuk minta digendong . Mereka senang bermain dengan mainan dengan tekstur bervariasi. Mereka senang bermain dengan mainan musik, tertarik bermain dengan benda berwarna-warni.

Selain itu, anak akan menjaga kontak mata saat berinteraksi serta lebih banyak menjelajahi lingkungan sekitar pada saat ditaruh dan bermain di lantai.

 

10-12 Bulan

  • Perkembangan Motorik

Anak sudah bisa berdiri, mengambil beberapa langkahnya sendiri, menjaga keseimbangan pada saat duduk dan bertepuk tangan. Mereka bergerak dalam berbagai posisi untuk menjelajahi lingkungan dan mendapatkan mainan yang diinginkan.

  • Perkembangan Bahasa

Anak bisa secara bermakna menggunakan 'mama' atau 'dada' untuk memanggil orang tuanya dan mengatakan satu atau dua kata. Mereka juga bisa menanggapi petunjuk sederhana, misalnya 'Ke sini!'. Bisa memberitahu dan merespon apa yang diinginkan.

  • Perkembangan Sosial

Anak sudah bisa menjaga kontak mata dengan orang-orang selama interaksi yang menyenangkan. Mereka juga memalingkan kepala sebagai respons atas nama yang dipanggil. Selain itu mereka juga suka bermain dan berjoget dengan mainan musik.

 

Sama seperti Bunda yang selalu ada, Konicare Minyak Telon juga akan selalu setia menemani tumbuh kembang buah hati dari waktu ke waktu. Dengan rasa hangatnya yang memberikan rasa nyaman, juga teksturnya yang lembut dan wanginya yang alami tanpa tambahan parfum, moment-moment tumbuh kembang anak akan terasa semakin lebih berharga serta lebih menyenangkan.

 

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved