Playpedia

Manfaat Melakukan Sensory Play untuk Si Kecil

Bunda pastinya tentu tahu kalau aktivitas bermain anak bukan hanya untuk sekedar bersenang-senang saja, tetapi juga merupakan bagian dalam proses tumbuh kembang si kecil. Salah satu permainan yang memiliki banyak manfaat untuk anak adalah permainan sensori, atau lebih kita kenal dengan sebutan sensory play. Secara alam, sejak lahir seorang anak sudah akan belajar untuk bereksplorasi dengan apa yang ada di sekitarnya dengan memanfaatkan sensori atau indera mereka. Hal ini bisa dilihat dari cara seorang anak senang menyentuh segala benda yang ada di sekitarnya. Sama seperti namanya, sensory play adalah permainan yang dapat memberikan stimulasi kepada 5 indera buah hati. Bukan hanya sekedar permainan biasa, ternyata sensory play memiliki manfaat untuk anak. Yuk, coba simak penjelasannya di bawah.


  1. Membantu perkembangan kognitif
    Dengan melakukan sensory play, anak akan mendapatkan stimulasi secara langsung untuk fungsi otaknya. Stimulus ini akan membantu anak untuk mendapatkan informasi-informasi baru yang bisa selalu diingat dan digunakan lagi untuk aktivitas mereka selanjutnya. Bentuk informasi ini dapat mengasah kemampuan berpikir anak dan meningkatkan perkembangan kognitif mereka.

  2. Stimulasi motorik halus dan dan motorik kasar
    Sensory play biasanya akan langsung melibatkan semua indera pada saat buah hati bermain. Hal ini akan membantu dalam melatih koordinasi fungsi tubuh anak secara keseluruhan. Hal pertama yang bisa dilatih adalah motorik halus. Secara perlahan, motorik halus anak akan bermanfaat untuk membuat motorik kasar anak bekerja lebih maksimal lagi.

  3. Meningkatkan konsentrasi
    Bunda bisa melatih fokus anak pada hal-hal tertentu melalui sensory play. Tidak hanya sekedar bermain dengan banyak hal, tapi ternyata dengan Bunda mengajak anak untuk bisa fokus hanya pada beberapa hal saja, hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan tingkat konsentrasinya. Fokus yang digunakan bisa dalam berupa suara, warna, bentuk, ataupun tekstur.

  4. Mendorong berpikir secara ilmiah dan memecahkan masalah
    Melalui sensory play, anak akan melakukan eksplorasi dan bereksperimen secara sederhana sehingga saat anak bermain ia akan belajar berpikir secara ilmiah. Cara ini juga mampu membuat anak mulai melatih cara berpikir mereka untuk bisa melihat sebab akibat dan bisa memecahkan masalah dengan cara mereka sendiri.

  5. Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi
    Kemampuan bahasa dan komunikasi ini akan terus berkembang seiring buah hati sering melakukan sensory play. Saat anak melihat ekspresi wajah serta mendengar ucapan semangat dari Bunda, secara langsung semua proses itu akan terekam di dalam otak anak. Hal ini akan memberikan stimulus baik yang akan diterima anak sebagai suatu bentuk hal baru yang belum pernah diketahuinya.

 

Selain manfaat yang ada di atas, masih banyak lagi yang bisa didapatkan buah hati saat mereka secara rutin melakukan sensory play. Hal ini akan membantu dalam mengasah serta mempertajam kelima indera buah hati sehingga akan berkembang semakin baik. Tidak perlu permainan yang mahal ataupun rumit, Bunda bisa bermain dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar rumah atau dengan membuat sensory play sendiri. Untuk menemani anak pada saat sedang bermain sensory play, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Plus ke seluruh tubuh buah hati. Rasa hangat dan wanginya yang menenangkan dapat membuat buah hati semakin merasa nyaman pada saat mereka sedang bermain.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

yulyana

terima kasih konicare

randika

terima kasih konicare

Widya

terima kasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved