Nature & Health

Tanaman dalam Rumah yang Baik bagi Kesehatan Keluarga

Sedang ingin menghias rumah untuk mendapatkan suasana baru, namun Bunda bingung memilih dekorasi yang pas? Yuk coba letakkan tanaman di berbagai sudut ruangan. Tak hanya tampak lebih asri dan sejuk, kesehatan lingkungan di dalam rumah juga akan lebih terjamin, Bunda. Ini dia rekomendasi beberapa tanaman yang cocok diletakkan di dalam rumah.

 

Lidah Buaya

Selama ini, lidah buaya mungkin lebih dikenal sebagai salah satu vitamin alami untuk rambut. Namun, tak hanya itu, tanaman berduri kecil ini ternyata juga dapat menjaga kesehatan di dalam rumah Bunda dan keluarga karena fungsinya sebagai “pembersih” udara.

Tanaman lidah buaya yang diletakkan di ruangan tertentu dapat membantu menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, dan formaldehide monoksida. Bahkan kabarnya satu pot lidah buaya memiliki fungsi yang setara dengan sembilan pembersih udara biologis. Dengan udara rumah yang bersih, kesehatan Bunda, si kecil, dan keluarga tentu akan lebih terjamin, bukan?

 

Lidah mertua

Sekilas, lidah mertua memiliki bentuk yang menyerupai lidah buaya, yakni berbentuk tegak dan ujungnya meruncing. Namun, lidah mertua tidak memiliki duri-duri kecil di bagian pinggirnya. Terlebih, lidah mertua juga cukup mudah dikenali karena adanya warna kuning yang mengelilingi area pinggir tanaman. Sedangkan, bagian tengah lidah mertua berwarna hijau.

Fungsi dari lidah mertua adalah menyaring udara di dalam ruangan dengan cara menyerap racun berbahaya di udara. Kabar baiknya lagi, cara perawatannya juga relatif mudah karena Bunda hanya perlu menyiramnya 1-2 kali dalam seminggu.

 

Kaktus

Selain lidah mertua, tanaman lain yang juga menyehatkan lingkungan dan tak membutuhkan perawatan sulit adalah kaktus. Dengan meletakkan kaktus di dalam rumah, bakteri di udara bisa berkurang, Bunda. Kaktus juga dapat menyerap karbon dioksida saat malam hari sehingga jumlah oksigen di dalam ruangan akan bertambah. Sirkulasi udara pun dapat bertambah lancar.

 

Sirih Gading

Berbeda dari ketiga tanaman sebelumnya, sirih gading dikenal sebagai tanaman rambat yang bisa hidup di tanah maupun air. Cukup memetik batangnya dan menancapkannya di pot air atau pot berisi tanah, nantinya sirih gading bisa langsung tumbuh. Jika Bunda menanamnya menggunakan air, pastikan Bunda mengganti airnya setiap 2-3 hari sekali, ya. Sirih gading ini mampu membantu mengurangi gas polutan di dalam ruangan yang biasanya berasal dari tempat sambah, tabung gas, dan debu.

 

Bambu hias

Bunda kurang suka dengan tanaman yang memiliki daun terlalu banyak? Selain kaktus, Bunda juga bisa meletakkan bambu hias di dalam rumah. Tanaman satu ini akan terlihat sangat cantik jika diletakkan dalam vas kaca bening berukuran tinggi. Bambu hias dapat menjaga kebutuhan oksigen di dalam ruangan selalu terpenuhi karena kemampuannya dalam mengubah karbondioksida menjadi oksigen secara lebih cepat.

Tak hanya itu, di kalangan masyarakat Tionghoa, tanaman bambu hias juga dipercaya dapat membawa keberuntungan. Jadi, dengan meletakkan bambu hias di dalam rumah, semoga Bunda dan keluarga selalu mendapat banyak keberuntungan, ya.

 

Jadi, tanaman mana yang kira-kira akan Bunda pilih untuk diletakkan di dalam rumah? Dengan udara rumah yang sehat, si kecil pasti akan lebih betah dan nyaman bermain di dalam rumah.

 

Photo Credit: Olu Eletu (Unsplash)

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

sangat bermanfaat

wardafaridiyah

manfaat sekali..

sitinafilah

makasih infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved