Nature & Health

Sejuta Manfaat Kesehatan Dalam Kapulaga

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya kita bersyukur karena negeri tercinta kita ini dianugrahi kekayaan hayati berupa rempah-rempah yang tidak dimiliki oleh negara lain. Hal inilah yang menyebabkan banyak membuat iri kepada kita, sekaligus menjadi latar belakang mengapa dahulu Indonesia dijajah oleh bangsa-bangsa barat.

Salah satu rempah-rampah yang sampai saat ini masih banyak ditemukan di Indonesia dan bisa tumbuh dengan subur di sini adalah kapulaga. Kapulaga sudah dikenal sebagai salah satu bumbu pelengkap dan penyedap masakan khas Indonesia.

Walaupun banyak dikenal sebagai bahan pelengkap makanan, seperti yang dilansir dalam laman stylecraze.com, kapulaga memiliki khasiat lainnya untuk kesehatan, diantaranya bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun tekanan darah, meringankan gejala asma, membantu melancarkan sistem pencernaan, mengatasi flu, mengobati batuk dan sebagai bahan alami untuk pembersih tubuh dari racun.

Kapulaga dikenal sebagai rempah-rempah yang kaya akan fitonutrien, minyak esensial dan vitamin yang berperan sebagai antioksidan terkuat, maka tidak salah kalau kapulaga ini disebut-sebut berperan besar untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan menetralisir efek buruk radikal bebas yang setiap hari menimpa kita.

Tidak hanya itu, kapulaga juga memiliki aroma yang sangat kuat dan memiliki sifat anti bakteri dan antibiotik yang sangat baik untuk tubuh, sangat efektif untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengatasi hidung tersumbat karena pilek dan batuk. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda cukup merebus kapulaga sebanyak satu sendok makan selama selama 10 menit. Setelah itu anda tinggal langsung meminum airnya ketika masih hangat.

Kapulaga juga merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat diuretik, yakni sifat untuk memperlancar buang air kecil. Untuk itulah, banyak pakar herbal menyebut kalau kapulaga merupakan bahan alami yang sangat baik untuk dipakai detoks, dimana racun-racun dalam tubuh akan dibuang semuanya lewat air seni.

Mengenai kandungan lainnya, kapulaga dikenal kaya akan kalium untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan antiosksidan yang akan menjaga daya tahan tubuh anda tetap maksiam. Untuk itu, tidak salah kalau mulai sekarang anda rutin menggunakan kapulaga dalam setiap masakan anda. Selain masakan menjadi lebih lezat, tubuh anda pun akan lebih sehat dengan kapulaga.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

princessmerry

waaah baru taaauuu.. kapulaga sngat bermanfaaat...

widayantilestary26

woowww... Thankyou konicare artikelnya ♡

ani

Tau bya buat masakan aja

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved