Nature & Health

Perawatan Kuku Bagi Bunda

Kesehatan kuku amat penting bagi wanita. Kuku dapat mencerminkan keindahan tangan kita. Beberapa jenis kuku dapat mengalami perubahan dan kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini jenis-jenis penyakit yang biasa menimpa kuku:

  • Bintik putih. Penyebabnya adalah luka pada masa pertumbuhan kuku dan dapat hilang dengan sendirinya.
  • Terkelupas, penyebabnya adalah kuku rapuh dan lemah atau pemotongan yang keliru. Lindungi kuku dari benturan dan goresan.
  • Garis indah, biasanya terjadi karena garis lengkung di bagian atas tengah kuku. Biasanya terjadi akibat demam tinggi atau sesudah pembedahan. Untuk menghilangkannya, hilangkan kebiasaan buruk menjentikkan kuku jari.
  • Kering dan mudah patah. Penyebabnya adalah karena usia, sabun atau detergen. Cara mengatasinya ialah rendam dengan air hangat selama 10 menit setiap malam. Kemudian, olesi dengan minyak zaitun secara rutin.
  • Noda kuning, adalah karena salah memilih cat kuku. Noda akan hilang dengan sendirinya.
  • Retak dan terbelah, akibat proses pengikiran terlalu dalam pada sisi luar kuku atau mencungkil benda dengan menggunakan kuku.
  • Kuku berwarna pucat, karena kesehatan tubuh yang kurang baik. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.
  • Kuku rapuh karena dehidrasi, cara menghindarinya adalah membiasakan minum air mineral 6-8 gelas per hari.

Walaupun kita semakin sibuk dengan rutinitas sebagai ibu, namun menjaga kesehatan kuku tetap penting untuk dilakukan. Tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu secara rutin untuk merawat kuku jari kedua tangan kita. Karena selain dapat memperindah penampilan, juga dapat menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit yang mungkin muncul di kemudian hari.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

zubaidah_yaniarti326

masalah sepele kadang kita suka lupa merawat kuku. namun ternyata jg harus diperhatikan

maya_nurmaelasari09

sangat berguna artikelnya, kebetulan kuku tangan saya tidak bagus dn kurang terawat..

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved